Bupati Toba Buka MTQN Ke-16 Tingkat Kabupaten Toba

Bupati Toba Samosir Poltak Sitorus menyampaikan perihal dukungannya akan kesiapsediaan umat muslim mempelajari kitab suci Al-Qur’an dan kemudian mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian sambutan Bupati Poltak Sitorus saat membuka kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Nasional (MTQ N) ke-16 Tingkat Kabupaten Toba yang digelar di kompleks Madrasa Jalan Aek Batu,Desa Sariburaja, Kecamatan Balige, Toba, Sabtu (3/4/2021).

Sebanyak 179 orang umat Islam ikut serta dalam kegiatan tersebut yang datang dari 16 kecamatan.

Menurut Bupati Poltak Sitorus dengan kegiatan ini, kita yang datang dari berbagai elemen masyarakat secara langsung maupun tidak langsung diajak saling mengenal dan mendalami tentang isi kandungan Al Qur’an yang merupakan Kitab Suci bagi umat Islam.

“Oleh karena itu, melalui lomba tilawatil Qur’an, nilai kandungan Al Qur’an tersebut semakin tercermin dan nyata dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujar Bupati Toba Poltak Sitorus.

Ia juga berharap kegiatan keagamaan ini membuat masyarakat Toba semakin meningkatkan hidup religius serta mampu mewujudkan visi misi Kabupaten Toba; unggul dan bersinar.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami mengharapkan plenggaraan MTQN dapat mewujudkan Toba yang lebih religius untuk mencapai Toba yang unggul dan bersinar dengan kepribadian Batak Naraja.

Terlihat sejumlah peserta yang datang dari berbagai tempat telah berkumpul di kawasan tersebut dan sebagian dari mereka telah ikut bertanding. Sebagian peserta berada dalam ruangan sambil mengikuti pertandingan tulisan indah atau kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an.

Bagi kita umat beriman, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup yang mencakup segala aspek kehidupan. Al-Qur’an adalah instrumen penting umat Islam untuk keluar dari fase kehidupan menuju fase nur, fase yang terang benderang.

“Al-Qur’an menjadi inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akhirnya menghadirkan kemajuan bagi manusia dan alam sekitarnya,” lanjutnya.

Ia juga meyakini bahwa kitab suci akan membantu setiap insan memahami rahasia alam semesta demi kemakmuran umat manusia.

Al-Qur’an memberikan petunjuk agar mengembangkan dan menggunakan akal dalam mempelajari rahasia-rahasia alam semesta untuk kemaslahatan umat manusia.

Kegiatan MTQN Tingkat Kabupaten Toba ini berlangsung sejak tanggal 2-4 April 2021. Semua peserta dan undangan wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Turut hadir anggota DPRD Toba ,St.Sabaruddin Tambuan yang mewakili Ketua DPRD Toba, Camat Balige Pantun J .Pardede, Camat Porsea Robert Manurung, unsur Muspika, Ketua FKUB Toba AS Pangaribuan ,tokoh agama,tokoh masyarakat ,dan undangan lainnya.

Sebagai hasil MTQN di Toba ,pada Minggu (4/4/2021) diperoleh hasil bahwa tim Kecamatan Laguboti memboyong Piala Bergilir Bupati Toba. Para pemenang,salah satu diantaranya cabang Tilawatil Qur’an Remaja Putra : Juara 1. Rahmad Fauzi Hasibuan (Laguboti) ,Juara 2.Abijar Simanjuntak (Tampahan) ,Juara 3.Muhammad Zikri Simatupang (Balige).

Selanjutnya pemenang Cabang Tilawatil Qur’an Remaja Putri : Juara 1.Azizah Mardiah (Laguboti), Juara 2.Nurabni Rahmadani Siagian (Silaen) ,Juara 3.Siti Rahma Dhany (Habinsaran).

Diumumkan juga para pemenang di cabang-cabang lainnya.(MC Toba )