Bupati Toba: Aliansi Koperasi Dapat Menyejahterakan Anggotanya

Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Koperasi , Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Toba bersama Aliansi Koperasi Toba merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Koperasi Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Toba, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Selasa, (26/7/2022).

Hari Koperasi Tahun 2022 mengambil tema” Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan.”

Ketua panitia, Fajar Pangaribuan dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur akan keberadaan koperasi yang telah berusia 75 tahun dan mengajak seluruh koperasi di Kabupaten Toba untuk bersatu, bahu membahu dan tolong menolong menuju Koperasi Unggul dan Bersinar.

Sementara itu, Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa transformasi itu adalah perubahan yang berarti kita ingin koperasi memiliki perubahan untuk ekonomi berkelanjutan.

“Saya ingin kita betul betul memahami apa itu koperasi dan manfaat berkoperasi ini dan kita ikut ada didalamnya,” kata Bupati Poltak.

Dikatakannya lagi bahwa ada lima jenis koperasi yakni, koperasi produsen, konsumen, simpan pinjam, jasa, dan pemasaran dan masing masing koperasi dibuat sesuai keperluannya seperti koperasi produsen yang menghasilkan produk, contoh produk kopi.

Bupati Poltak juga meminta supaya Dinas Koperasi Kabupaten Toba membantu para koperasi untuk mengangkat produk unggulan di Toba terutama dalam hal mendesain.

“Kita ada 4 produk unggulan yakni, padi, jagung, kopi dan ulos dan bila koperasi bisa dikaitkan dengan produk unggulan maka pariwisata kita semakin baik dan koperasi harus mampu membangun produk unggulan,” kata Bupati Poltak menambahkan.

Dalam hal peningkatan kualitas produk, ia mengatakan untuk melakukan pelatihan-pelatihan baik dari dinas koperasi atau lainnya karena tanpa keterampilan yang unggul maka tidak akan ada produk yang unggul.

“Kelima jenis koperasi yang ada saya minta semakin ditingkatkan apalagi produksi dan pemasaran karena di Toba masih lemah dalam hal tersebut. Apalagi saat ini sudah memasuki pasar digital,” ujar Bupati Poltak

Kemudian manfaat dari koperasi seperti simpan pinjam bisa dimanfaatkan untuk modal, Pendidikan, dan lain sebagainya dan ini sangat menolong pada saat kita perlu dana, yang kedua uang yang kita miliki bisa kita simpan disana, karena prinsip koperasi adalah gotong royong dari anggota oleh anggota dan untuk anggota.

Sedangkan tantangan yang dihadapi koperasi seperti modal, Bupati Poltak sampaikan hal tersebut bisa dihadapi melalui kerjasama dengan bank asalkan produksi dan pemasaran nya benar benar menjual dan melakukan inovasi produk yang disukai masyarakat banyak dan promosi harus menyentuh bahkan harga pun harus terjangkau.

“Dari sini saya melihat bahwa kita masih perlu banyak belajar tentang koperasi, lakukan edukasi tentang seluk-beluk koperasi dan manfaatnya. Agar setiap pengurus mampu memahami dan mengayomi para anggotanya.Mari kita sama-sama sukseskan dan mengajak 50 koperasi yang aktif di Toba untuk kerja keras supaya masyarakat benar-benar sejahtera para anggotanya,” ujar Bupati Poltak menutup sambutannya.

Selanjutnya, Bupati Toba beserta isteri meninjau dan membeli beberapa produk-produk hasil kerajinan tangan dari koperasi, yang dipamerkan di sekitar lokasi. Tidak ketinggalan kaum disabilitas juga ikut membawa hasil karya mereka.

Bupati Toba berjanji akan memberikan hadiah bagi pelaku koperasi yang mampu membuat “Naniura” yang disukai bule (turis mancanegara). Naniura disajikan tanpa tulang, dengan menyertakan dokumentasi dalam bentuk foto dan video.

Turut hadir pada acara tersebut, Plt. Kadis Koperasi UMKM Drs. Salomo HK Simanjuntak, Plt. Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, perwakilan Kejaksaan Negeri Tobasa, perwakilan Rutan Kelas II B Balige, perwakilan perusahaan-perusahaan, perbankan di Kabupaten Toba,dan tamu undangan lainnya.(MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri