Bupati Poltak Sitorus: Mari Manfaatkan Lahan Kosong Bertanam Jagung

Sigumpar,MC Toba- Bupati Toba Poltak Sitorus memberikan motivasi dengan mengajak masyarakat petani untuk memanfaatkan lahan dan tanah kosong yang siap untuk bertanam jagung. Pemerintah Kabupaten Toba tahun ini sudah menyiapkan bibit jagung asli dan berkualitas.

Hal ini disampaikan Bupati Poltak Sitorus didampingi Wabup Tonny M.Simanjuntak pada acara pencanangan penanaman pertama bibit jagung di Desa Nauli, Kecamatan Sigumpar,Toba , Kamis (22/7/2021).

Menurut Bupati Poltak, dulu ia selalu mendengungkan Kabupaten Toba ini “unggul dan bersinar” salah satunya adalah pertanian makmur dan sejahtera.

Saat ini , untuk pemulihan ekonomi warga di tengah pandemi Covid-19 ,maka memanfaatkan lahan seusai panen padi dengan bertanam jagung ini ,diharap dapat menambah penghasilan petani.

” Kaum bapak hendaknya janganlah lagi berkumpul di kedai Mari memanfaatkan waktu dan lahan yang siap tanam bibit jagung ini,” sebut Bupati Poltak.

Bupati juga memotivasi dengan mengajak warga berhitung hasil panen jagung dengan asumsi harga per Kg-nya Rp.5000.1 Rante bisa 700Kg x Rp 5000 =Rp. 3.500.000 .

“Kita tidak mau gagal ,kita ambil bibit terbaik ,tidak palsu Pioneer 32.Kita percaya hasilnya pasti baik juga,” sebut Bupati Poltak mengulang soal kepastian kualitas bibit.

“ikkon berjuang,ikkon mandiri‚Ķ
tahun depan ,hasil panen ini harus disisihkan untuk membeli bibit jagung lagi untuk berkesinambungan,” sambungnya lagi.

Sebelumnya perwakilan 7 kelompok tani melaporkan bahwa di Desa Nauli masalah bertani jagung ada hama ulat selama ,2 tahun terakhir ini.

Menanggapi hal ini , Bupati Poltak langsung memberikan kesempatan kepada J.Siahaan selaku Koordinator Petugas Hama Penyakit Holtikultura untuk memberikan keterangan soal hama ulat ini.

Siahaan menyebutkan bahwa Desa Nauli ini lokasi tanah yang subur ” berbunga bunga” .Gerakan pengendalian hama pada umur jagung sudah 1 bulan .Ulat ini menyerang pada umur jagung 1-2 bulan ,lewat itu maka ulat berubah jadi kupu kupu.Serangan hama ulat ini mengurangi produksi 30 Persen.

Sesuai dengan laporan kepala desa dan Camat Sigumpar,Jaga Situmorang bahwa 20 Ha lahan yang disiapkan di Desa Nauli dan 215 Ha se-Kecamatan Sigumpar.

Turut ikut menanam bibit jagung ini, Sekdakab Toba Audi Murphy Sitorus, Ketua TP PKK Toba Ny.Marlina Poltak Sitorus Boru Sitinjak,Wakil Ketua TP PKK Toba Ny Erna Tonny Simanjuntak Boru Sihotang dan Ketua Dharma Wanita Toba Ny. Riama Audi Murphy Sitorus Boru Nainggolan, Staf ahli Bupati Darwin Sianipar,dan sejumlah pejabat lainnya.

Hasil pantauan, acara berlangsung dalam kepatuhan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (MC Toba)