Bupati Beri Pemahaman Kebijakan Pemerintah Soal Kenaikan BBM kepada Pengunjuk rasa GMKI

Menjawab tuntutan aksi unjuk rasa tolak kenaikan BBM dari sejumlah mahasiswa yang bergabung di Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Kabupaten Toba, Bupati Toba,Poltak Sitorus mengatakan bahwa kebijakan tersebut sudah diperhitungkan dengan matang untuk menekan angka inflasi yang terjadi. Bukan untuk mengorbankan rakyat ini.

“Apa yang dikatakan Presiden akan saya sebagai Bupati akan saya lakukan. Pemerintah pro rakyat , mulai Presiden RI, Pemerintah Provinsi sampai Kabupaten Toba,”kata Bupati Poltak Sitorus didampingi Sekdakab Augus Sitorus, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb saat menerima aksi unjuk rasa dari GMKI Toba di Kantor Bupati Toba, Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara,Kamis (8/8/2022).

Bupati Poltak Sitorus juga menerangkan kepada para mahasiswa berbagai indikator kebijakan yang diambil pemerintah saat menaikkan harga BBM . Kemudian kebijakan jaring pengaman pemberian bantuan kepada masyarakat yang terdampak seperti angkutan, pekerja, UMKM dan lainnya.

Ia pun mengajak mahasiswa ikut berbuat sesuatu membantu meringankan beban para orang tua seperti ikut menanam tanaman palawija seperi cabai,bawang merah apalagi di lahan yang tersedia.Apalagi saat ini Pemkab Toba sudah menggalakan gerakan tanam dua kali panen dua kali. Bibit padi unggul akan disediakan pemerintah.

“Mari kita semua dan adek-adek mahasiswa ikut mendukung pemerintah untuk menekan angka inflasi ini,” katanya.

Setelah mendengar hal tersebut,mahasiswa berupaya mengajak bupati untuk membubuhkan tandatangan di spanduk yang mereka bawa dimana tertulis petisi tolak kenaikan BBM .

Alhasil Bupati Poltak kembali menolak dengan menerangkan kebijakan pemerintah pusat harus dilaksanakan juga di daerah.

Para mahasiswa pun akhirnya meninggalkan lokasi setelah menolak tawaran Bupati Toba agar beristirahat dan makan siang di kantor Bupati Toba.

Hasil amatan sebelumnya GMKI Toba juga melakukan aksi yang sama di gedung DPRD Kabupaten Toba .Di sana aspirasi mereka diterima oleh Ketua DPRD Kabupaten Toba Effendi S.P Napitupulu dan staf sekretaris dewan.

Tampak sejumlah personel Polres Toba dan Satpol PP Kabupaten Toba bertugas menjaga keamanan selama unjuk rasa damai ini. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri