Bunda PAUD Toba Berikan Motivasi Kepada Tenaga Pendidik

Bunda Pendidikan anak usia dini(PAUD) Kabupaten Toba Ny Rita Marlina Poltak Sitorus menyebutkan walaupun dalam suasana pandemi Covid-19, berbagai kegiatan termasuk mendidik anak menjadi terganggu, tetapi hal itu tidaklah membuat kita menjadi patah semangat.

“Justru ini membuat kita lebih lagi berinovasi, lebih lagi kita mencari bagaimana kita bisa mendidik anak kita walaupun dengan keadaan seperti yang telah kita hadapi beberapa tahunterakhir ini,” sebut Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus didampingi Ny.Erna Grace Tonny M.Simanjuntak, saat menjadi narasumber pada workshop yang digelar Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Toba di Aula SMP Negeri 1 Balige, Toba, Senin (25/4/2022).

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik jenjang Taman Kanak-Kanak (TK) dan PAUD di Kabupaten Toba terhadap pemahaman pembelajaran paradigma baru yang dirangkai dengan sosialisasi Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah).

Menurut Rita Marlina, selama workshop ini diharapkan para peserta tenaga pendidik mendengarkan, memperhatikan dan yang pasti mempraktekkan ilmu yang didapat.

Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya, jauh sebelum suaminya Poltak Sitorus menjadi Bupati Toba, selama ini sudah mempelajari dan membantu beberapa TK di Kabupaten Toba dan di daerah lain di Indonesia.

“Jadi kami membantu TK -TK yang ada di pelosok, jadi kami bantu mereka untuk menerima pendidikan, jadi kami disini bersama teman- teman membuka yayasan sampai sekarang kita bersyukur masih bekerja,” sebutnya.

Dikatakan juga pentingnya pendidikan untuk anak sejak umur 4-14 tahun.

“Itulah bagaimana kalau kita mendidik benar anak, itu akan mempengaruhi pikirannya dia dari sejak kecil, mendidik dia dari sejak kecil itu akan mempengaruhi dia menjadi orang yang berkualitas baik. Kalau kita selama mendidik dari kecil dengan baik, maka dia akan memiliki kualitas yang baik,” sebutnya.

Ditambahkannya juga muatan pendidikan yang pertama adalah pendidikan agama.

“Itu memang butuh kerjasama antara guru dan orang tua, orangtua.Terus yang kedua adalah fisik yang sehat,” katanya .

“Sejak usia dini harus diberikan pada anak kita pola hidup yang sehat, bagaimana makan makanan yang sehat, sikat gigi dan mandiharus tetap rajin sebanyak dua kali sehari,” sambungnya.

Bunda Paud Rita Marlina juga memberikan motivasi kepada peserta agar tetap semangat dalam mengabdi mendidik anak-anak PAUD.

Turut hadir Ketua Himpaudi Kabupaten Toba, Bernike Siahaan, Plt .Kadis Pendidikan Toba Rikardo Hutajulu, dan narasumber perwakilan BP. PAUD Dikmas Provinsi Sumatera Utara. ()

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri