BST di Toba Mulai Disalurkan dengan Menerapkan Prokes

MC – Toba – Kantor Pos Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, pada Selasa (27/7/2021) mulai membayarkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial RI bagi masyarakat Toba yang terdampak pandemi Covid-19 untuk tahap XIV dan XV (Mei-Juni 2021) dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Hari ini merupakan hari pertama pembayaran bagi 712 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masing-masing dari Kelurahan Sangkarnihuta 379 KPM dan dari Kelurahan Pardede Onan sebanyak 333 KPM. Setiap KPM akan memperoleh bantuan dua tahap sekaligus (rapel) Rp600 ribu ditambah beras 10 Kg,” kata Manajer Penjualan Jasa Keuangan Pos Balige Maria Devi kepada MC Toba.

Dia menambahkan, undangan pembayaran sudah sempat didistribusikan kepada KPM, namun karena beras belum didistribusikan oleh Bulog, hari ini masih hanya membayarkan uang tunai saja. “Nanti akan diberitahukan kembali jadwal dan waktu pengambilan beras yah, untuk itu kami memohon maaf,” kata Maria.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Kelurahan Sangkarnihuta, Balige, Bontor M.D.Pardede menyebutkan, pihaknya tidak terlalu mempermasalahkan beras yang belum didistribusikan. “Hal itu lumrah oleh karena faktor teknis dan kita maklum soal itu, selanjutnya akan diberikan keterangan kepada warga,” ujar dia, saat mendampingi warganya menerima BST.

Pada tahap XIV dan XV ini, jumlah kuota penerima BST di Kabupaten Toba sebanyak 17.809 KPM. Pihaknya mengimbau penerima bersabar mengantre, dan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, tidak berkerumun dan membatasi mobilitas. “Jika sudah menerima manfaat, agar segera pulang,” tutup dia.