Bila Jalan Kabupaten Toba dan Labuhan Batu Utara Terhubung, Mayarakat Akan Sejahtera

MC – Toba, – Masyarakat Desa Lumban Rau Timur dan Desa Cinta Damai, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba kini bersemangat setelah jalan penghubung antara Kabupaten Toba dan Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura) mulai dikerjakan sejauh 5 Km. Setelah pembangunan sepanjang 5 Km, mereka masih berharap 9 Km lagi hingga sampai ke kabupaten tetangga, Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura).

Kepala Desa Cinta Damai, Purba Nababan yakin bahwa terhubungnya akses ke Labura akan membuat masyarakat dimudahkan dalam pengangkutan hasil pertanian. Dengan demikian, ia yakin masyarakat sekitar akan sejahtera.

“Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. Kami masih berharap 9 Kilometer lagi. Kami berharap agar yang 9 Kilometer ini dibangun pada tahun 2022 mendatang,” terang Kades Purba, Senin (23/8/2021).

“Ada sekitar 9 Kilometer lagi yang belum tercapai, dimana jalan ini samasekali tidak bisa dilalui kendaraan,” sambungnya.

Hingga saat ini, masyarakat sekitar mengalami kesulitan mengantarkan hasil tanaman dari kawasan tersebut ke daerah Labuhan Batu Utara.

“Makanya, penduduk Dusun Sibaning yang berbatasan dengan Dusun Siasomasom sangat resah dimana hasil kebun tidak bisa diangkut para tengkulak maupun tauke sehingga barang-barang tersebut busuk dan tidak bisa dipergunakan,” sambungnya.

Menurutnya, banyak hasil tanaman yang dihasilkan dari kawasan ini. Dengan melihat geliat masyarakat sekitar bertani, ia yakin pendapatan masyarakat akan meningkat apabila akses jalan segera diperbaiki.

“Kalau dari sini kebanyakan karet dan sawit, kakao pun juga ada. Sebagian besar masih ada juga persawahan. Namun, hasil tanaman kita belum bisa kita keluarkan menuju Labura karena akses jalan belum tercapai. Kalau kami ada sebagian ke Tebingtinggi, kawasan Siantar Mandoge, sebagian ke Pulo Raja dengan melalui jalan yang sangat jauh. Kalau memang jalan ini sudah terhubung dengan Labuhan Batu, kami dari tempat ini sampai ke pabrik kami hanya jalani 30 Kilometer,” terangnya.

Dengan terhubungnya Kabupaten Toba dan Labura, mereka akan dimudahkan mengantarkan hasil pertanian dan dengan harga yang lebih tinggi juga.

“Maka, satu hari kami bisa melakukan pengangkutan hasi tanaman 2 trip. Kalau kami dari sini ke Tebingtinggi, kami akan jalan selama 2 malam 1 hari. Jalannya pun tidak semua bagus,” ungkapnya.

Sehingga, mereka berharap campur tangan Presiden Jokowi dan Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi dalam pembangunan jalan tersebut.

“Harapan kami kepada Pak Presiden Joko Widodo dan Gubernur Sumatra Utara agar segera dituntaskan jalan ini dan kepada Pak Gubernur, kami memohon atas nama lapisan masyarakat Desa Cinta Damai dengan Desa Lumban Rau Timur agar secepatnya jalan ini diperbaiki,” pungkasnya.