Batak Naraja Untuk Melayani Masyarakat

Dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat di desa, kelurahan dan kecamatan, harus ada inovasi dan kreatifitas yang dilakukan oleh seluruh perangkat desa sampai kecamatan. Dengan kepribadian Batak Naraja, diharapkan seluruh perangkat desa mampu memberikan edukasi dan beperilaku seperti raja ( memeberikan salam hormat) dalam menyambut setiap tamu yang datang.

Itulah hal yang disampaikan Bupati Toba, Ir.Poltak Sitorus, M.Sc dalam acara penyerahan dan penandatanganan SPPT PBB ( Surat Pemberitahuan Pajak Terutang – Pajak Bumi dan Bangunan ) di ruang Balai Data Kantor Bupati Toba, Senin 19 April 2021.

Acara yang dihadiri Camat, Lurah dan Kepala Desa yang ada di Kecamatan Tampahan, Balige dan Laguboti, dilaksanakan sesuai dengan UU nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah. Pajak yang dibayarkan diharapkan mampu mendongkrak PAD ( Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Toba.

Bupati mengimbau agar seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk mengawasi seleruh perangkatnya dalam penyerahan SPPT PBB kepada masyarakat.

” Saya minta kepeda perangkat desa harus mampu mengedukasi dan menyakinkan masyarakat untuk taat pajak dan membayarkan pajak Rekening Kas Umum Daerah RKUD. Para perangakat harus bisa menjadi panutan dalam pembayaran pajak ” Kata Poltak.

Saat ini pembayaran pajak sudah dapat dilakuakan di Teller bank Sumut, M-Banking Bank Sumut, ATM Bank Sumut, GoPay, Linkaja, Tokopedia, Bukalapak dan Indomaret sehingga transaksi dapat dilakukan kapan saja dan prosesnya aman.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan dilakukan penyerahan secara simbolis DHKP ( daftar himpunan ketetapan pajak dan pembayaran) kepada perwakilan Kepala Desa yang ada di Kecamatan Tampahan, Balige dan Laguboti.

Turut mendampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Toba, Audi Murphy Sitorus dan Kepala BPKAD Kabuapaten Toba, Ganyang Situmorang.