Bank Sampah Induk IAS Toba Sosialisasi Pengelolaan Sampah Kepada Kepala Desa

MC – Toba, – Bank Sampah Induk (BSI) Indah Asri dan Serasi (IAS) Toba bekerjasama dengan Pemkab Toba melalui Dinas Lingkungan Hidup, melaksanakan sosialisasi pengelolaan sampah berbasis Bank Sampah untuk desa se-Kecamatan Laguboti, bertempat di gedung Serbaguna Laguboti, Kabupaten Toba, Rabu, (25/8/2021).

Direktur BSI IAS Toba Aulia Hutapea menyampaikan bahwa sebelumnya kegiatan sosialisasi tersebut sudah dilakukan di Kecamatan Balige. Sosialisasi pengelolaan bank sampah ini mulai diperluas hingga ke wilayah Kecamatan Laguboti.

Tujuannya sama yakni, masyarakat mulai sadar untuk menjaga kebersihan di lingkungan rumahnya masing-masing.

“Dengan adanya bank sampah Unit di desa, diharapkan mampu mengelola sampah terpilah terutama di kawasan desa wisata dan juga menambah pendapatan ekonomi masyarakat,” ujar Aulia Hutajulu.

Aulia juga mengatakan bahwa kegiatan ini sangat disambut baik oleh para Kepala Desa yang hadir. Selanjutnya akan dilaksanakan sosialisasi pengelolaan sampah untuk tingkat Desa di Kecamatan Laguboti.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Toba Ir. Mintar Manurung pada acara tersebut memberikan dorongan motivasi agar setiap desa terbentuk bank sampah unit, untuk dapat mengelola sampah di Desa.

“Kedepannya, dibarengi dengan kesadaran masyarakat serta pengelolaan sampah ini, dapat berkembang dan berinovasi, besar kemungkinan untuk dilaksanakannya pelatihan pengeloaan sampah daur ulang menjadi barang yang lebih bernilai ekonomis,” kata Mintar.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Camat Laguboti yang diwakili oleh Sekcam Aprillia Nessy Tampubolon, Kepala Desa se-Kecamatan Laguboti. Acar berlangsung dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.