Antisipasi Covid-19, Pemkab Toba Akan Melarang Acara Pesta

MC – Toba, – Guna menekan penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Toba akan menerbitkan kembali Surat Edaran (SE) larangan menyelenggarakan pesta untuk sementara waktu.

“Kami sudah berencana menerbitkannya. Ini mau kami rapatkan konsepnya,” kata Wakil Bupati Tonny M. Simanjuntak di ruang kerjanya di Balige, Senin (2/7/2021).

Tak hanya itu, Wabup Tonny Simanjuntak juga mengatakan, portal di pintu masuk setiap desa akan kembali diberlakukan. Dengan maksud setiap orang yang masuk desa, diukur suhu tubuh dan ditanya seputar keperluan masuk desa.

Menurutnya, dengan cara itu, penyebaran Covid-19 di daerahnya bisa terputus. Tidak seperti belakangan ini warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah.

Terkait insentif tenaga medis yang menangani Covid-19, Wabup Tonny Simanjuntak mengatakan akan segera dicairkan.

“Hal ini sudah menjadi perhatian kami dan dalam waktu dekat akan dicairkan,” sebutnya.

Banyak hal disampaikan Wabup dalam kesempatan itu. Namun untuk percepatan pemutusan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Toba, Ia mengharapkan masyarakat Toba berperan aktif memutus penyebaran Covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M di kehidupan sehari-hari.

“Memakai masker, rajin mencuci cuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan atau keramaian serta mengurangi mobilitas,” katanya mengakhiri.