95 Keluarga di Kecamatan Habinsaran dan Borbor Terima BSPS

Membantu masyarakat berpenghasilan rendah, untuk membangun rumah layak huni, Pemerintah Kabupaten Toba, bekerjasama dengan Kementerian PUPR dan Bank Mandiri menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada masyarakat di Kecamatan Habinsaran dan Borbor.

Sebanyak 95 buku tabungan diserahkan secara simbolis kepada masyarakat penerima BSPS, dari Desa Taon Marisi, Lumban Rau Barat, Lumban Gaol, Pardomuan Nauli, Lumban Ruhap, dan Desa Purbatua, yang dipusatkan di Aula Kantor Camat Habinsaran, Kamis (2/6/2022).

Dalam arahannya, Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan, bahwa bantuan masing-masing sebesar Rp.20 juta tersebut tidaklah akan cukup untuk membangun sebuah rumah layak huni.

Bantuan ini, hanya sebagai rangsangan. Harus ditambah lagi dengan uang dari keluarga diperantauan, sekaligus menghidupkan kembali budaya bergotong-royong, seperti kebiasaan nenek moyang kita dahulu membangun ruma atau sopo.

Bupati Toba juga berpesan, agar Camat dan Kepala Desa tidak pilih kasih untuk mendata warga calon penerima bantuan, sehingga penerima bantuan adalah orang yang memenuhi kriteria dan benar-benar membutuhkan.

“Dan tolong dimonitor, supaya yang diterima dari panglong adalah bahan (bangunan), bukan uang,” ujar Bupati Poltak Sitorus.

Eddy Pane, mewakili penerima BSPS, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah, atas bantuan bedah rumah yang telah mereka terima.

Ia mengaku senang menerima bantuan, sekaligus sedih. karena bagaimanapun bantuan yang telah diterima, tidak akan cukup untuk membangun sebuah rumah yang layak huni. Apalagi masyarakat sekarang bukan seperti orang zaman dulu lagi, yang mau bergotong-royong, membantu, menyumbangkan tenaganya bagi yang kekurangan.

Bahkan abang, adek, ipar, dan keluarga pun kalau mau membantu (bergotong-royong), sudah dihitung dengan uang.

“Jadi permintaan kami, karena sepertinya kami dipaksa berhutang, karena bantuan ini pak Bupati. Kalau hanya 20 juta itu kami pakai, tetap rumahnya belum layak huni pak. Karena kebetulan di sini ada Bank Mandiri, ya meminjamlah dulu kami,” kata Eddy Pane.

Namun mereka akan berusaha bergotong-royong dengan tetangga, untuk membangun rumah tersebut.

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri