8 Warga Terpapar, Posko Satgas Covid-19 Desa Parsuratan Toba, Kini Lebih Diptimalkan

MC – Toba, – Upaya penanganan sebaran Covid-19 di Kabupaten Toba lebih dimaksimalkan melalui pengoptimalan keberadaan Posko Covid-19 ditingkat desa dan kelurahan, salah satunya Posko Desa Parsuratan, Kecamatan Balige telah siap untuk hal itu.

Pengoptimalan Posko desa dan kelurahan, telah tertuang dalam Surat Edaran Bupati Toba tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat.(PPKM) berbasis mikro yang sudah diberlakukan sejak Rabu 3 Agustus 2021 kemarin, untuk diindahkan seluruh kepala desa dan lurah se -Kabupaten Toba.

Kepala Desa Parsuratan,Sumartin Simanjuntak pada Kamis (5/8/2021) mengakui sudah menerima edaran Bupati Toba tentang perpanjangan PPKM.

Menurutnya selama ini posko Satgas desa tetap mereka aktifkan, namun akan lebih dioptimalkan lagi seiring lonjakan sebaran corona yang terus menaik di Toba.

Hingga saat ini sebanyak 8 orang warga Desa Parsuratan sedang terpapar Covid-19, dimana 4 orang sedang isoman dan 4 orang lagi sedang mejalani perawatan di Medan.

“Kini mereka semua dalam keadaan sehat saja dan mudah-mudahan segera pulih benar, “ujar Kades Sumartin Simanjuntak

Terkait penanggulangan Covid-19 yang dilakukan tahun ini, pemerintah desa telah melakukan beberapa upaya diantaranya telah membagikan masker dan vitamin kepada masyarakat

Selain itu pengadaan Alat pelindung diri ( APD) bagi petugas Satgas desa dan upaya sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat untuk menerapkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan upaya pengawasan.

Diterangkannya bahwa selama ini Posko dijaga 2 orang petugas sejak pagi hingga sore secara bergantian melakukan pengawasan terhadap warga yang melakukan perjalanan begitu juga bagi warga pendatang.

Kita berharap masyarakat berperan serta mendukung petugas satgas untuk berupaya memutus mata rantai penyebaran corona, dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan dan PPKM.

“Salah satunya terkait pelaksanaan kegiatan pesta yang sangat berpotensi menimbulkan klaster baru.Mohonlah untuk sementara menunda kegiatan pesta,” kata Kades Sumartin.