3 Warga Dinyatakan Positif di Desa Hutadame Balige,Toba.

MC – Toba, – Sejumlah warga Desa Hutadame, Kecamatan Balige Kabupaten Toba mendapatkan pemeriksaan swab antigen karena diduga terpapar Covid-19. Hal ini diperlihatkan dengan adanya gejala-gejala yang mirip dengan paparan Covid-19.

Setelah diperiksa sebanyak 13 orang, diperoleh hasil 2 orang dinyatakan positif Covid-19 dan saat ini tengah menjalani isolasi mandiri.

Kepala Puskesmas Tandang Buhit dr Freddi Seventry Sibarani menjelaskan bahwa pihaknya melakukan tracing dan testing setelah seorang warga desa tersebut dinyatakan positif Covid-19. Jadi ada 3 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

“Sebelumnya, ada satu orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah beberapa orang bergejala di Desa Huta Dame ini dan 1 orang terjaring positif Covid-19 melalui swab antigen,” ujar dr. Freddi Seventry Sibarani saat dikonfirmasi pada Jumat (30/7/2021).

Hingga saat ini, Jumat (30/7/2021) pihak Puskesmas Tandang Buhit masih terus melakukan tracing bagi warga desa tersebut untuk menghindari penyebaran Covid-19.

“Dari 13 orang (yang memiliki gejala), kita menjaring 2 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 melalui swab antigen. Lalu, kita lanjutkan tracingnya,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan bahwa paparan Covid-19 bukan karena perjalanan warga yang bersangkutan ke luar Toba melainkan kegiatan sosial di tengah masyarakat desa tersebut.

“Dan, nanti akan perluas lagi tracingnya. Kita berharap semua warga sehat. Untuk riwayat perjalanan ke luar, saya pikir tidak ada. Mereka hanya berkegiatan di sini, misalnya seperti pesta dan kegiatan sosial lainnya itu. Mungkin, itu kalau dari luar kota, itu tidak ada. Soal lockdown itu akan ditangani oleh Satgas Desa. Mereka akan melakukan yang patut untuk mencegah penularan Covid-19 di desa ini,” pungkasnya.