Tanah Toba Cerminan Kerukunan Umat beragama di Indonesia

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) adalah wadah komunikasi, mediasi, edukasi, motivasi, representasi dan konsultasi dalam memelihara dan mengembangkan kerukunan umat beragama. Hal membanggakan, kerukunan tersebut masih terjaga dengan baik di Kabupaten Toba.

Demikian dikemukakan Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam kata sambutannya pada acara Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama se-Kecamatan Balige di Ball Room Hotel Marsaringar, Balige, Kabupaten Toba, Rabu (31/10/2022).

Dialog ini terlaksana atas kerjasama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Toba dengan Pemerintah Kabupaten Toba melalui Badan Kesatuan Bangsa setempat.

Sebagai peserta adalah utusan pemuka agama yang ada di Kabupaten Toba seperti Kristen Protestan, Islam, dan Katolik. Peserta lainnya yaitu sejumlah lurah dan kepala desa dari Kecamatan Balige.

Menurut Bupati Poltak, sebagaimana yang diungkapkan Menteri Agama RI saat kunjungan kerja ke Toba, bahwa menteri mengapresiasi hal kerukunan antar umat beragama di daerah ini. Bahkan direncanakan akan ada lagi kunjungan kedua kalinya.

“Tema dialog ini adalah penguatan moderasi beragama di mana berbicara tentang moderasi beragama adalah cara pandang kita dalam beragama secara moderat, yakni dapat memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem yang mengakibatkan radikalisme ajaran kebencian,” katanya.

Dalam komitmen kebangsaan, lanjutnya, semua harus menerima prinsip berbangsa dan bernegara yang harmonis walaupun kita berbeda agama suku dan budaya tetapi kita harus tetap berlandaskan Pancasila NKRI UUD 45 dan Bhinneka Tunggal Ika yang di dalamnya terdiri dari toleransi Nir kekerasan budaya dan agama.

Bupati Poltak juga menambahkan bahwa pemerintah tidak dapat bekerja sendiri tetapi harus bekerja sama dengan dengan semua pihak termasuk para pemuka agama, FKUB. Ia memohon melalui mereka agar menyosialisasikan ke jemaat atau umat berbagai gerakan pembangunan pemerintah kabupaten diantaranya seperti tanam dua kali panen dua kali, menggalakkan gotong royong, menjaga kebersihan lingkungan dan sikap Batak Naraja.

Tampil sebagai narasumber di acara ini Kepala Kantor Kementerian Agama di Kabupaten Toba Wanton Naibaho yang memberikan paparan dengan tema Penguatan Moderasi Beragama.

Mengenai kerukunan kehidupan beragama di Kabupaten Toba, salah satu peserta, H. Imran Napitupulu menyebutkan hal tersebut dengan mengutip ucapan Menteri Agama RI bahwa “Tanah Toba Cerminan Kerukunan Umat beragama di Indonesia.”

Peserta lainnya, Pdt. Halomoan Marpaung memberikan usul agar peserta forum FKUB ini membuat terobosan baru dengan melanjutkan kegiatan meningkatkan kemesraan, keharmonisan, misalnya melakukan pesiar naik kapal di Danau Toba

Turut hadir Ketua FKUB Kabupaten Toba A.S Pangaribuan, Kepala Kantor Kesbang Toba J.Broztito Sianipar, Kapolsek Balige AKP Agus Salim Siagian Danramil 17/Balige Kapt Inf.J. Sinaga. (MC Toba).

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri