Resmi Dibuka, FEKDI 2022 Diharapkan Mampu Tingkatkan Ekonomi Digital di Masyarakat Kawasan Danau Toba

Untuk mendorong awareness pentingnya digitalisasi ekonomi dan keuangan yang inklusif dan efisien untuk perekonomian masyarakat di Kawasan Super Prioritas Nasional Super Prioritas Danau Toba perlu dilakukan kolaborasi otoritas di Pusat dan Daerah.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara Doddy Zulverdi dalam kata sambutannya pada pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) di Hub Creative Samosir, Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara,
Selasa (5/7/2022) mengatakan guna mendorong industri dan masyarakat untuk mengakselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan Indonesia, dan mendorong optimalisasi inovasi dan stabilitas di bidang Ekonomi dan Keuangan Digital (EKD) serta mendukung pemulihan ekonomi, Bank Indonesia Perwakilan Sibolga melaksanakan Kegiatan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) bertajuk “Digifest Tortor 2022.”

Di acara yang digelar tanggal 5-6 Juli 2022 dan bertema Bersinergi dalam Akselerasi Digitàlisasi Ekonomi dan Keuangan Indonesia ini ,turut hadir secara virtual Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, Anggota DPR RI Komisi XI Sihar Sitorus dan perwakilan Gubernur Sumatra Utara yaitu Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Sumatra Utara

Sihar Sitorus dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh BI Perwakilan Sumatera Utara dan BI Perwakilan Sibolga dalam bersinergi bersama-sama Pemerintah Daerah untuk melakukan akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan di daerah.

“Kita akan melakukan langkah-langkah bersama untuk mengaselerasi digital payman,”sebut Sihar.

Transaksi ekonomi dan keuangan digital berkembang pesat seiring meningkatnya akseptasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring, perluasan dan kemudahan sistem pembayaran digital, serta akselerasi digital banking. Nilai transaksi uang elektronik (UE) pada Mei 2022 tumbuh 35,25% atau mencapai Rp32 triliun dan nilai transaksi digital banking meningkat 20,82% atau Rp3.766,7 triliun, lanjut Sihar Sitorus.

Bupati Samosir Vandiko Gultom sebagai keynote speaker dalam Acara Pembukaan FEKDI menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BI Perwakilan Sibolga atas kepercayaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Samosir sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia Tahun 2022.

Menurut Bupati Vandiko,kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat dukungan kebijakan dalam melaksanakan
Inovasi sistem pembayaran transaksi QRIS melalui perluasan layanan, pendampingan kepada peserta, dan edukasi kepada masyarakat.

Beragam kegiatan yang disuguhkan dalam even ini, mulai dari pameran produk unggulan UMKM binaan dan mitra BI Sibolga, jurnalis, talkshow, hingga berbagai macam lomba menarik.

Digifes BI Perwakilan Sibolga Tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Bupati Samosir Vandiko Gultom, Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus, Bupati Tapanuli Selatan Doli Pasaribu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara Doddy Zulverdi, GM PT. Telkom Heribertus Handoko melalui pemukulan gendang.

Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan mengumumkan pemenang lomba pada 3 (tiga) kategori yakni Pemerintah Kabupaten Toba sbg Juara Umum IEDigital 2022, Pemerintah Kabupaten Samosir sebagai Juara Kanal Digital dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai Juara Inisiatif Digital.

Selanjutnya penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Toba dengan GM. PT. Telkom Bidang Data dan MoU antara Pemerintah Kabupaten Samosir dengan GM PT Telkom Bidang Infrastruktur.

Turut hadir dalam kegiatan FEKDI 2022, para pimpinan dan Direktur BI Perwakilan Sumatera dan Perwakilan BI Sibolga, Asisten Manager Gov Sales Teritory PT. Telkom Febri, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Drs. Augus Sitorus, Plt. Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Plt. Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kepala Badan Pendapatan Ir. Parulian Siregar, Kabag Protokol Pimpinan Try Sutrisno Samosir, Kabag Umum Jefry Nainggolan, Kabag Pemerintahan Samuel Lumbanraja dan undangan lainnya. (MC Toba stb)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri