PKK Kabupaten Toba Kunjungi Perajin Ulos, Perajin Suvenir dan Rumah Produsen Makanan Ringan

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus didampingi Ketua 1 Ny. Erna Grace Tonny Simanjuntak melakukan kunjungan sekaligus pembinaan kepada perajin ulos, perajin suvenir, dan kuliner di Desa Sibolahotang SAS, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Senin, 9 Mei 2022.

Lokasi yang pertama dikunjungi bersama kelompok kerja (Pokja) II TP. PKK Kabupaten Toba ini adalah rumah milik Mak Bobby Siahaan Boru Manurung (61) sekaligus tempatnya sebagai perajin ulos Batak.

Dalam perbincangan Rita Marlina, Erna Grace dengan Mak Bobby, diperoleh keterangan bahwa perajin ini baru 5 tahun menekuni memproduksi ulos dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM).

Mak Bobby mengaku menggunakan ATBM bekas seharga Rp.2.500.000,- yang dibeli dari Pematang Siantar.

Ulos yang tengah dikerjakannya adalah jenis Sadum Angkola. Jenis ini dihargai Rp.100.000,- per lembar bila dijual melalui tauke di pasar Balige, pada hari Onan yang jatuh setiap hari Jumat.

Untuk motif lainnya, ia mengatakan bisa mengerjakan dengan syarat ada ulosnya sebagai contoh.

Selanjutnya TP. PKK Kabupaten Toba meninjau perajin kayu, yang memproduksi hiasan kayu, gantungan kunci, dan miniatur rumah adat.

Tidak jauh dari lokasi perajin, Ibu-ibu PKK kemudian mengunjungi kediaman seorang ibu rumah tangga, Lasmian Nainggolan, pemilik industri rumahan yang memproduksi makanan ringan keripik dan sasagun.

Makanan ringan berupa kembang layang, keripik bawang, ubi ungu, keripik pisang, dan sasagun, produk dari industri rumahan ini sudah dipasarkan ke Tomok, Tigaraja, Ajibata, Siborongborong, Porsea, dan Balige.

Usaha yang dimulai dari tahun 2014 ini yang dikelola Lasmian Nainggolan dibantu oleh anak-anaknya.

Melihat hal ini, TP. PKK Kabupaten Toba sangat mengapresiasi.

Rita Marlina pun mengajak ibu-ibu yang ada di PKK bukan hanya sekedar menjadi ibu rumah tangga, tetapi juga harus bisa bekerja untuk menambah pendapatan keluarga.()

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri