KPU Kabupaten Toba Sosialisasi Persiapan Pemilu Tahun 2024 Bersama Stakeholder

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toba menggelar Sosialisasi Persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 Bersama Stakeholder (pemangku kepentingan) di Gedung Pertemuan Hotel Serenauli ,Laguboti,Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara,Sabtu (5/11/2022).

Sosialisasi tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 ini dipimpin Ketua KPU Kabupaten Toba ,Henri Marudin H.Pardosi didampingi dua komisioner sekaligus sebagai narasumber, Sugar Fernando Sibarani dan Charles Pangaribuan.

Hadir sebagai peserta sosialisasi, sejumlah perwakilan perangkat daerah Kabupaten Toba terkait yaitu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidkan Pemuda dan Olahraga, dan Dinas Komunikasi dan Informatika, mewakili Kepala Rutan Balige,para camat se-Kabupaten Toba,organisasi pemuda, kemasyarakatan, mahasiswa ,dan lainnya.

Turut hadir Kapolres Toba, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, dan perwakilan Dandim 0210/TU.

Ketua KPU Kabupaten Toba, Henri Marudin H.Pardosi menyampaikan pengantar pembukaan maksud dan tujuan sosialisasi yang intinya agar para stakeholder di Kabupaten Toba, mengetahui tahapan hingga jadwal penyelenggaraan pemilu pada 14 Februari 2024.

Selanjutnya komisioner Sugar Fernando Sibarani dari Divisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih,Parmas dan SDM menyampaikan paparan berjudul “Peningkatan Partisipasi Masyarakat pada Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.”

Disajikannya dalam paparannya bahwa surat suara tidak sah pada pemilu terakhir untuk DPD sebanyak 19,02 %, DPR RI (11,12%),dan Presiden dan Wakil Presiden (2,38 %).

Sugar Fernando Sibarani berharap angka partisipasi masyarakat dalam pemilu mendatang semakin tinggi khususnya di Kabupaten Toba.

Disinggung juga bahwa KPU memanfaatkan teknologi informasi termasuk perekrutan calon badan Adhoc melalui teknologi informasi SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc).

Kemudian komisioner Charles Pangaribuan dari Divisi Perencanaan Data dan Informasi menyampaikan
paparan bertajuk “Pemutakhiran data dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilu 2024 oleh Komisioner KPU Kabupaten Toba.”

Charles Pangaribuan juga menjelaskan bahwa KPU sudah mempersiapkan fasilitas kepada para pemilih berkebutuhan khusus, orang tua. Kemudian fasilitas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kampus atau asrama mahasiswa dan lainnya di Kabupaten Toba.

Setelah pemaparan masing-masing narasumber, dibuka ruang tanya jawab dan masukan dari peserta.

Batara Tambunan dari Jaringan Demokrasi Kabupaten Toba sebagai salah seorang peserta sosialisasi memberikan masukan kepada KPU agar lebih bersinergi dan sepemahaman dengan Bawaslu tentang substansi penyelenggaraan pemilu ini.

Seusai sesi tanya jawab , Ketua Ketua KPU Kabupaten Toba, Henri Marudin H.Pardosi menyampaikan terima kasih atas pertanyaan dan masukan dari sejumlah peserta.
Diinformasikan lagi bahwa KPU Kabupaten Toba akan melaksanakan sosialisasi berikutnya, demi kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri