Jelang Libur Hari Raya, Pemkab Toba Bersama Forkopimda Rakor Langkah Antisipatif

Call Center Toba Siaga
0811-633-7084

Bupati Toba Poltak Sitorus memerintahkan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah, camat, lurah, dan kepala desa se-Kabupaten Toba agar siaga dan menghidupkan handphone, guna melancarkan koordinasi pengamanan libur Hari Raya 1443 Hijriah.

Hal ini dikatakan Bupati Poltak Sitorus didampingi Kapolres Toba Akala Fikta Jaya dan perwakilan Forkopimda lainnya, saat memimpin rapat koordinasi (rakor) Langkah antisipatif perayaan Hari Besar Idul Fitri 1443 H di Kantor Bupati Toba, Kamis (28/4/2022)

Jelang perayaan hari Raya Idul Fitri dan libur panjang, resiko kemacetan rentan terjadi di wilayah Kabupaten Toba.Sebab di daerah ini ada jalan nasional – jalan lintas Sumatra (jalinsum) dan perkiraan banyaknya wisatawan yang tertarik berkunjung ke sejumlah daerah wisata favorit di Toba .

Penyebab kemacetan di wilayah Kabupaten Toba, diantaranya :
Pasar tumpah, parkir tidak rapi, volume kendaraan yang meningkat, material bangunan dibadan jalan, genangan air di badan jalan, antrian di stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), mobil yang berhenti di badan jalan, dan antrian masuk kapal feri di Pelabuhan Mulia Raja, Balige dan Pelabuhan Ajibata.

Menanggapi hal ini, Bupati Poltak Sitorus langsung memerintahkan kepala OPD yang terkait untuk melakukan upaya antisipasi dalam meminimalisir potensi kemacetan tersebut, terutama titik akses keluar masuk daerah tujuan wisata.

“Menjadi atensi kita bersama, destinasi tujuan wisata akan banyak dikunjungi, saya minta kepada dinas pariwisata agar menyiapkan barcode peduli lindungi di pintu masuk seluruh destinasi, melakukan prokes dan personel Satpol PP agar mengarahkan vaksinasi ke tempat pelayanan vaksin Covid-19 terdekat bagi wisatawan atau warga yang belum vaksin,” sebutnya.

Diingatkan juga agar dinas pariwisata agar memantau dan memastikan pengusaha menampilkan harga-harga. seperti sewa pondok, tikar, wahana dan harga makanan.

Ia juga meminta dinas kesehatan menyiapkan petugas medis dan mobil ambulance yang siap pakai.

Selanjutnya kepada sejumlah pimpinan OPD, Bupati Poltak Sitorus memberikan arahan-arahan.

Kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar menempatkan personel di tempat wisata yang berada di pinggir Danau Toba dan membuat pengumuman batas aman dan simbol peringatan keselamatan.

Untuk Satpol PP, tempatkan juga personel di lokasi wisata untuk mengawal pelaksanaan prokes dan laksanakan tugas dengan ramah dan humanis.

Untuk Kadishub, supaya disiapkan kantong parkir dan pastikan pungutan parkir tidak membebani pengunjung.

Kepada camat, lurah, dan kepala desa untuk membersihkan wilayah masing- masing sehingga mendapat penilaian yang baik dari anak rantau.

Bagi Dinas Kominfo agar menginfokan perkembangan cuaca dan kondisi lalu lintas di Kabupaten Toba secara berkala melalui radio Pemkab Tobasa FM, media sosial, dan komunitas Orari.

“Untuk itu saya bentuk Satgas Toba Siaga yang 24 jam siap melakukan antisipasi dampak liburan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, menerima laporan dari masyarakat melalui Call Center Toba Siaga 0811-633-7084 dan mengambil tindakan cepat yang dibutuhkan atas apa yang terjadi di lapangan,” sebutnya mengakhiri.

Kapolres Toba, Akala Fikta Jaya juga menyampaikan bahwa terkait antisipatif ini, personel Polri dibantu TNI siapa berkoordinasi dengan tim OPD.

Turut hadir dalam rapat, Pj.Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Staf Ahli Bupati Audi Murphy O.Sitorus, Plt.Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jonni D.P Lubis,Plt.Asisten Adminstrasi Umum Verry S.Napitupulu, PLT.Kadis Kominfo Toba Sesmon T.B Butarbutar, pimpinan OPD lainnya serta Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.(MC Toba pkp/rik)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri