DMI Dukung Filosofi “Batak Naraja” Makmurkan Masjid

MC – Toba – Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Toba Sumatera Utara, siap mendukung filosofi Batak Naraja yang digaungkan Pemerintah setempat, dalam upaya memakmurkan 42 Masjid dan Mushollah yang tersebar pada 16 Kecamatan di wilayah tersebut.

“Untuk memakmurkan Masjid, DMI akan  mensinergikan program-program yang dicanangkan serta siap menggandeng filosofi Batak Naraja yang dikumandangkan di Kabupaten ini,” ujar Ketua DMI Kabupaten Toba, H. Imran Napitupulu di Balige, Selasa (7/9/2021).

Batak Naraja, digaungkan Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat melalui inovasi dan kreativitas dengan kepribadian yang mampu memberikan edukasi dan berperilaku seperti raja, memberi salam hormat dalam menyambut setiap tamu di wilayah ini.

DMI merupakan organisasi tingkat nasional yang bertujuan mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat.

Wakil Ketua MUI Toba ini juga menyebutkan, memberdayakan dan memakmurkan Masjid menjadi motto dalam DMI untuk berkarya agar umat lebih berjaya.

“Kehadiran DMI di bumi Bona Pasogit Balige, membutuhkan sinergisme dan koordinasi lintas sektor sehingga program yang direncanakan dapat berjalan dengan baik,” tegas Imran.

Ditambahkannya, sejumlah program dalam mewujudkan visi dan misi DMI di daerah ini, akan direalisasikan dalam waktu dekat, termasuk rencana perbaikan Masjid yang berada di Kecamatan Silaen dan Porsea, karena kondisinya butuh renovasi.

Berdasarkan revisi SK yang diterbitkan Dewan Pimpinan Wilayah DMI Sumut, pengurus baru yang diamanahi, melakukan audensi dengan Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam kapasitas sebagai Majelis Mustasyar.

Bupati Poltak menyebutkan, kehadiran DMI di Kabupaten ini, diharapkan lebih memperkokoh sinergisme antara Ulama dan Umaroh dalam percepatan pembangunan, khususnya di bidang kerohanian.

“Mari kita bina kerja sama yang baik dan sama-sama bekerja untuk tercapainya masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT”, katanya.

Pimpinan Daerah DMI Toba, didampingi Wakil Ketua Sahari, SPd dan Sekretaris Supriadi SPd bersama Bendahara Drs. Horas Simanjuntak, juga melakukan audensi serupa di Kantor Ketua DPRD Toba.

“Kami berterima kasih, dicantumkan sebagai Majelis Mustasyar dan juga menyambut baik kehadiran DMI di Kabupaten kita ini. Saya juga berharap, para pengurus bisa bekerja secara optimal. Lembaga DPRD siap mendukung dan membantu”, tegas Ketua DPRD Toba, Effendi Napitupulu.