Bupati Toba Janjikan Beasiswa bagi Pelajar Berprestasi

MC – Toba, – Saat mengunjungi SMP Negeri 1 Laguboti, Bupati Toba Poltak Sitorus berjanji akan memberikan beasiswa bagi pelajar berprestasi. Beasiswa tersebut dilatarbelakangi keluhan masyarakat terkait keterbatasan finansial saat mengantarkan anaknya ke SMA unggulan di Kabupaten Toba.

“Kita mendengarkan keluhan dari masyarakat bahwa sebenarnya anak-anak kita yang punya banyak kemampuan untuk masuk ke SMA unggul di Toba ini. Beberapakali mereka coba, tapi karena masalah dana, mereka tidak bisa melanjutkan di sana, tidak bisa masuk ke sana,” ujar Bupati Toba Poltak Sitorus pada Senin (4/10/2021).

“Kita bicara dengan Dinas Pendidikan, karena misi kita salah satunya menjadikan SDM unggul. Maka kita sepakati kita akan berikan beasiswa bagi mereka yang tidak mampu, nantinya ini akan menyemangati mereka agar penghalang itu bisa kita putus,” sambungnya.

Pemberian beasiswa tersebut akan dianggarkan pada tahun 2022 mendatang, melalui kerjasama dengan perusahaan-perusahaan. Dana CSR perusahaan akan menjadi sasaran Pemkab Toba sebagai beasiswa untuk para pelajar.

“Ini kita lakukan untuk anggaran tahun 2022, kita juga akan dorong nanti dari CSR perusahaan untuk mengalokasikan dana pendidikan. Jadi kita harus bekerjasama menjadikan SDM unggul ini,” sebutnya lagi.

Hingga saat ini, penerima beasiswa belum didata secara terperinci. Namun, ia yakin rencana tersebut akan terlaksana.

“Belum ada angka yang pasti tapi kita masih persiapkan, kita lihat nanti berapa orang. Kalaupun kita butuh dana yang lebih besar, kita yang berupaya keras mencari itu supaya itu bisa terlaksana,” pungkasnya.