Bupati Poltak Sitorus Melantik 163 BPD Se-Kecamatan Balige , Titip Sukseskan Gerakan Tarhilala

Bupati Toba Poltak Sitorus melantik Badan Permusyawaratan (BPD) se-Kecamatan Balige untuk masa bakti 2021–2027.Pelantikan digelar di Gedung Sopo Parsaoran Nauli Pasar Melintang Desa Lumban Pea Timur, Balige pada hari Senin (12/7/2021)

Sesuai Surat Keputusan Bupati Toba Nomor 391 tahun 2021 dan Surat Keputusan Bupati Toba nomor 420 tahun 2021, tentang pengesahan BPD. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan kepada BPD yang dilantik berjumlah 163 orang dari 29 desa se-Kecamatan Balige yaitu Desa Aek Bolon Jae, Aek Bolon Julu, Balige 2, Baruara, Bonan Dolok 1, Bonan Dolok 2, Bonan Dolok 3, Hinalang Bagasan, Hutabulu Mejan, Huta Dame, Hutagaol Peatalun, Hutanamora, Longat,dan Lumban Bulbul.

Selanjutnya Desa Lumban Gaol, Lumban Gorat, Lumban Pea Timur, Lumban Pea, Lumban Silintong, Matio, Paindoan, Parsuratan, Saribu Raja Janji Maria, Sianipar Sihailhail, Sibolahotang Sas, Siboruon, Sibuntuon, Tambunan Sunge, dan Desa Silalahi Pagar Batu.

Bupati Poltak Sitorus dalam arahannya menyampaikan bahwa fungsi dari BPD adalah menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, membahas dan menyepakati rancangan kebijakan desa bersama pemerintah desa serta melakukan pengawasan terhadap kebijakan kebijakan yang dijalankan.

Selain itu, Bupati Toba juga menambahkan agar BPD dapat menggali potensi desa dengan membuat peraturan desa yang berpijak dan berpihak pada adat istiadat dan budaya desa masing-masing, sehingga kebijakan dan peraturan desa dapat dipergunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Berikanlah segala tenaga dan pikiran untuk pembangunan di daerah yang kita cintai ini, secara khusus pembangunan di desa masing-masing,”imbuhnya.

Lebih lanjut, Bupati Poltak Sitorus menambahkan, BPD bersama-sama dengan kepala desa harus mampu menjaga iklim yang kondusif dengan menciptakan suasana kerja yang baru dan lebih meningkatkan hubungan kerjasama sebagai mitra kerja antar BPD dan pemerintah desa serta dalam hal perbedaan pendapat yang timbul hendaknya mengedepankan kepribadian “Batak Naraja” yaitu batak namarugamo, maradat, maruhum, marparbinotoan demi mewujudkan Toba Unggul dan Bersinar.

Bupati juga meminta BPD sebagai wakil masyarakat agar menghayati dan mengamalkan sumpah yang telah diucapkan, mendengarkan aspirasi masyarakat dan memberdayakan untuk senantiasa berperan aktif dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa, memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap permasalahan yang muncul ditengah tengah masyarakat, serta mensosialisasikan supaya suksesnya gerakan”Tarhilala” dengan mengajak warga di desa masing-masing untuk memanfaatkan hal hal yang kecil seperti tempat, benda, atau barang dan waktu agar lebih bermanfaat dan menghasilkan.

Sebelum menutup arahannya, Bupati Poltak Sitorus juga tidak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada anggota BPD yang telah dilantik agar dapat menunaikan kewajiban dengan baik.

“Selamat kepada seluruh anggota BPD yang dilantik hari ini. Selamat melaksanakan tugas, amanah dan tanggungjawab untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” sebut Bupati Poltak Sitorus mengakhiri sambutannya

Turut hadir Kadis PMD PPA Toba Henri Silalahi, Camat Balige Pantun J.Pardede, para kepala desa se- Kecamatan Balige, Kapolsek Balige AKP. Agus Salim Siagian, DanRamil Balige, rohaniawan, dan undangan lainnya.

Acara pelantikan ini turut dimeriahkan dengan suguhan tarian tortor Batak dari Sanggar Tari Tambunan Lumbangaol. Menariknya, Bupati Toba Poltak Sitorus yang berulang tahun pada 6 Juli 2021 lalu juga diberi ucapan Selamat Ulang Tahun ke-56 yang ditandai dengan meniup lilin di atas kue Ultah.

Hasil pantauan, panitia menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan mewajibkan seluruh yang hadir mencuci tangan, pengukuran suhu tubuh, jaga jarak serta mewajibkan pemakaian masker kepada peserta dan undangan. (MC Toba)