Bupati Poltak Sitorus Manortor Bersama Remaja di Gondang Naposo Patane V Porsea

Bupati Toba Poltak Sitorus ikut serta berbaur manortor (menari khas suku Batak) diiringi musik dan lagu Batak Naraja bersama para naposo (remaja) di Desa Patane V, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Sabtu malam (29/10/2022).

Tampak ikut manortor tiga anggota DPRD Kabupaten Toba Fauzi Sirait, Junior Hutapea, dan Ramli Famili Butarbutar.

Ikut juga sejumlah pejabat diantaranya, Sekdakab Toba Augus Sitorus, Kepala KPH IV Leo Sitorus, Plt.Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Rusti Hutapea, Plt. Kasat PolPP Harianto Butarbutar, Camat Porsea Edward Sidabutar, Camat Parmaksian Ronald Sirait yang juga warga setempat, Kabag Tata Pemerintahan dan Kerja Sama Saut Sihombing, Kabag Perekonomian Jefry Nainggolan, Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno P. Samosir, dan lainnya.

Hasil amatan, para remaja yang malam itu tampil manortor dengan mengenakan ulos Batak, terlihat bergembira saat manortor bersama Bupati Poltak Sitorus.

Sebelumnya dalam kata sambutannya Bupati Poltak Sitorus sangat mengapresiasi kegiatan Gondang Naposo yang mengusung tema “Kasih yang Mempersatukan, Naposo namarTuhan, Marbisuk, Maradat ” ini.

Pada kesempatan ini, Bupati Poltak Sitorus juga memberikan motivasi sekaligus tali asih atas apresiasinya kepada pelajar yang meraih juara di sekolah.

Para pelajar SMP dari desa ini, yang akan melanjutkan ke SMA dimotivasi agar bisa masuk sekolah unggulan; SMA Del atau Yayasan TB Soposurung.

“Saya harap dari desa ini minimal dua orang masuk. Bila orang tua tidak mampu maka Pemkab Toba akan memberikan bea siswa,” katanya.

Gondang Naposo ini bertujuan memajukan dan mempertahankan budaya, kepribadian Batak Naraja dengan 4 prinsip Narugamo (saling peduli), Namardat (sopan santun), Namaruhum (taat hukum), dan Marparbinotoan (berilmu pengetahuan). Dengan harapan agar para generasi muda tidak melupakan budaya leluhurnya.

“Sebagai informasi kami sampaikan. Ini sudah setiap tahun kami lakukan di desa ini,”.kata Kepala Desa Patane V, Makmur Butarbutar dalam kata sambutannya.

Dukungan kegiatan ini datang dari penatua desa, Sondang Butarbutar (Op.Tulus Butar Butar).

Ia mengatakan kegiatan ini sangat positif, sebagai bahan pembelajaran bagi generasi muda dalam adat budaya, sehingga para generasi generasi muda bisa memahami apa dan bagaimana itu adat budayanya. Acara ini juga sebagai ajak silahturahmi bagi generasi muda untuk saling mengenal dan semakin kompak atau ajang mencari jodoh.

Anggota DPRD Toba Fauzi Sirait juga menyambut baik kegiatan kaum muda ini. Dikatakan kegiatan yang menjadi ajang silaturahmi ini sangat baik dilaksanakan, generasi muda adalah generasi penerus bangsa. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri