Bupati dan Wakil Bupati Toba Tinjau Kegiatan Tangkap Ikan Predator dan Tabur Benih Ikan di Danau Toba

Dalam rangka gerakan tangkap ikan predator dan penaburan bibit ikan lanjutan, Kamis (14/4/2022) Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus bersama Wakil Bupati Toba Tonny M. Simanjuntak,SE turun langsung ke Danau Toba di Desa Tambunan Lumban Gaol, Kecamatan Balige dan Desa Lumban Binanga,Kecamatan Laguboti.

Bupati Poltak Sitorus melanjutkan arahan sebelumnya, menyampaikan kepada masyarakat untuk bersabar karena Pemerintah Kabupaten Toba telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara melalui Gubernur Edy Rahmayadi.

Menurut Bupati ,Gubernur berpesan akan segera menanganinya bersama sama dengan kepala daerah di seluruh kawasan Danau Toba dan harapannya juga ada lanjutan penebaran benih ikan tambahan di Danau Toba.

Bupati Poltak Sitorus juga mengimbau agar masyarakat jangan dulu menangkap ikan dengan jaring yang kecil yang akibatnya benih ikan yang masih kecil juga ikut tertangkap.

“Jangan tangkap ikan yang masih kecil-kecil, kami juga akan ajak Kabupaten lain untuk lakukan aksi tabur ikan,” kata Bupati Poltak Sitorus

Bupati juga mengajak nelayan untuk melakukan inovasi untuk mengolah hasil tangkapan ikan tayo tayo menjadi lebih bermanfaat, baik menjadi pakan ternak, pupuk, dan keripik ikan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua UMKM Toba, Rosita Silalahi berharap modifikasi produk bukan hanya melalui ikan predator, namun berkelanjutan dengan ikan asli habitat Danau Toba dan UMKM juga berharap ada bimbingan dan pelatihan dari pemerintah agar modifikasi pengolahan ikan bersumber dari Danau Toba dapat lebih berkualitas.

Usai memberikan pengarahan, Bupati dan Wakil Bupati Toba bersama sama dengan nelayan melakukan penaburan benih ikan yang sebelumnya sebanyak 25.000 benih ikan di Uluan dan 15.000 di Tambunan Lumban Gaol, dan terakhir sebanyak 10.000 benih ikan di Laguboti hingga total keseluruhan menjadi 50.000 benih ikan di kawasan Toba.

Turut mendampingi Bupati dan Wakil Bupati, Plt. Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Kadis Ketapang Sahat Manullang, Plt. Kadiskominfo Sesmon Butarbutar, dan Plt. Camat Laguboti Aprillia Nessy Tampubolon.(MC Toba stb)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri