BUKA SECARA RESMI KEGIATAN KOPERASI SEKTOR RILL, BUPATI TOBA BERHARAP ADA PERUBAHAN MINDSET DEMI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN

Bersama anggota DPRD Fraksi Golkar Provinsi Sumatera, Viktor Silaen, Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus membuka secara resmi Kegiatan Peningkatan Usaha Koperasi Sektor Rill yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Toba, bertempat di Hotel Ita Soposurung, 30 Mei – 01 Juni 2022.

Plt. Kadis Koperindag Salomo Simanjuntak dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang di hadiri oleh pelaku koperasi di Kabupaten Toba yang telah memiliki badan hukum yang telah diterbitkan oleh Kemenkumham dan maksud kegiatan dilaksanakan adalah agar koperasi lebih memahami prinsip dan nilai nilai koperasi serta Koperasi memahami mekanisme pengelolaan produk lokal untuk memberikan pembinaan bagi pelaku usaha kecil dan menengah.

Dalam sambutannya, anggota DPRD Komisi D Fraksi Partai Golkar Provinsi Sumatera Utara, Viktor Silaen menyampaikan agar apa keinginan dari usaha sektor riil yg ada di Kabupaten Toba mohon disampaikan kepada Kabid Kelembagaan pada Dinas Koperasi dan UKM Provsu, Unggul Sitanggang karena sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo bahwa koperasi diharapkan dapat memulihkan perekonomian rakyat Indonesia yang sedang mengalami keterpurukan, presiden mengharapkan melalui sektor koperasi ini dapat membangkitkan sektor perekonomian kita.

Viktor menyampaikan bahwa bagaimana membangkitkan Koperasi dari hulu ke hilir adalah dengan cara pembinaan koperasi sektor rill yang memang memiliki keanggotaan dan kepemilikan hasil sumberdaya yang nyata dan dikelola dengan baik.

“Mudah-mudahan dibawa pemerintahan Bupati Poltak kita dapat melakukan bersama sama namun jangan biarkan pemerintah jalan sendiri, berikan masukan dan saran agar kita memiliki sektor yang benar benar dikenal sampai ke luar Toba,” jelasnya.

“Apalagi toba telah ditetapkan jadi daerah KSPN oleh karena itu sangat diharapkan pelaku UKM melalui koperasi menjadi pengelola dan diharapkan juga agar diantara kita harus ada komunikasi yang baik agar kita bisa meraih kemajuan dalam koperasi sektor rill.” tambahnya lagi

Anggota Komisi D DPRD Sumut ini juga sampaikan bahwa Gubsu, Edy Rahmayadi akan memberikan bantuan kepada koperasi Toba binaan provinsi dan binaan kabupaten sebanyak 3 laptop dan peralatan-peralatan kantor

Sedangkan Bupati Poltak dalam sambutannya mengatakan bahwa sektor rill itu adalah sektor nyata yang seharusnya dapat kita lihat seperti kerajinan kecil, dan sesuai informasi yang diberitahukan oleh Bapak Unggul Sitanggang bahwa hanya ada 83 koperasi aktif diantara 449 koperasi yang ada di Toba.

Bupati Poltak Sitorus berharap pertemuan hari ini benar benar memberi manfaat bagi seluruh peserta dan kedepannya melalui koperasi sektor riil ini dapat benar benar mensejahterakan masyarakat.

“Jangan hanya duduk disini tapi tidak menghasilkan bagi masyarakat, kita mau hapus budaya menciptakan koperasi hanya untuk dapat bantuan karena tidak ada gunanya bantuan apabila tidak benar-benar dijadikan sebagai modal,” ucap Bupati Poltak

Bupati juga menekankan agar koperasi benar benar menjadi koperasi. Koperasi dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Kalaupun ada bantuan dari pemerintah maupun swasta kepada koperasi, baik itu materi maupun barang, ingatlah bahwa itu bukan milik pribadi melainkan milik seluruh anggota.

“Kita di Toba punya mindset salah dalam pengelolaan koperasi, koperasi jadi alat untuk memperoleh sumbangan. Oleh karena itu, kami mau melalui pertemuan ini bapak ibu dapat menjadi pengurus koperasi yang dapat diandalkan, jadikan koperasi menjadi bapak bagi segenap anggotanya dalam menangani setiap persoalan yang timbul,” tegas Bupati Poltak Sitorus

Selanjutnya Bupati Toba dan anggota Komisi D DPRD Sumut menyerahkan secara simbolis badge nama dan seminar kit kepada dua orang peserta yang mewakili.

Kegiatan Peningkatan Usaha Koperasi Sektor Rill ini diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 30 Mei – 01 Juni 2022 dengan menghadirkan narasumber yang diantaranya Dinas Koperasi dan UKM Provsu, Ketua Dewan Koperasi Wilayah Sumut, Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Jakarta, Dinas Koperindag Kabupaten Toba, serta Akademisi baik dari Universitas Panca Budi, UISU, dan USU.

Turut mendampingi Bupati pada kegiatan, Staff Ahli Bupati, Audy Murphy O Sitorus, Asisten II Jonni DP Lubis, Kabag Prokopim Try Sutrisno Pandapotan dan tamu undangan lainnya.

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri