Balai Wilayah Sungai Sumut II Kembali Normalisasi Sungai Sibitara di Toba

MC – Toba, – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Sumber Daya Air melalui Balai Wilayah Sungai Sumut II (BWS Sumut II) kembali melakukan perawatan dan pemeliharaan untuk menormalisasi Sungai Sibitara di Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Rabu (4/8/2021).

Kegiatan normalisasi dilakukan tiga kali dalam setahun, kali ini adalah tahap kedua, setelah tahap pertama dilaksanakan pada Maret 2021 lalu, berupa pembabatan rumput di area badan dan bibir Sungai Sibitara dari hulu hingga ke muara, sepanjang 1.700 meter.

“Normalisasi akan membuat badan dan bibir sunggai tetap bersih dan terpelihara dari semak tumbuhan rerumputan, di samping itu akan berdampak terhadap aliran air agar tetap mengalir normal untuk kebutuhan pertanian masyarakat sekitar,” sebut Marpaung selaku pelaksana pekerjaan.

Sungai Sibitara ini merupakan objek sumber aliran air yang sangat vital untuk kebutuhan seratusan hektare areal pertanian di Desa Lumban Gaol. Warga setempat juga menyambut baik kegiatan normalisasi ini.

Gomgom Tambunan salah seorang warga, mengapresiasi pemeliharaan sungai yang dilakukan BWS Sumut II, dengan normalisasi yang rutin, membuat debit aliran air akan maksimal terpasok ke seluruh cabang irigasi di areal pertanian. “Terlebih saat ini kondisi lahan sangat membutuhkan air bagi tanaman padi yang kini masa pemupukan,” tambah dia.