750 Pelajar SMP Divaksin Dosis Pertama di Balige, Toba

MC – Toba, – Percepatan vaksinasi penyuntikan dosis pertama menggunakan vaksin Sinovac bagi pelajar SMP tengah berlangsung di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara. Hari ini berlangsung bagi 250 siswa SMPN 1 Balige, bertempat di SMPN 1 Balige, Kamis (7/10/2021).

Vaksinasi berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Sejauh ini semuanya aman, tidak ada keluhan yang berarti dari siswa yang sudah divaksin usai melewati masa observasi,” kata Kepala UPT Puskesmas Soposurung dr. Jimmy Hasibuan, didampingi tenaga kesehatan lainnya yang melakukan pelayanan penyuntikan.

“Selain penyuntikan bagi siswa SMPN 1 Balige, sebelumnya pada tanggal 5 Oktober 2021 lalu, siswa SMP Swasta Budhi Dharma dan SMPN 2 di Soposurung telah kami vaksin sebanyak 250 siswa, masing-masing kedua sekolah tersebut. Untuk jadwal vaksinasi bagi sekolah lainnya, masih menunggu arahan pimpinan,” sebut Jimmy Hasibuan.

Kepala SMPN 1 Balige, Risma Napitupulu mengapresiasi pemerintah terkait program pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar SMP. Melalui vaksinasi, akan menambah herd immunity setiap siswa untuk melawan COVID-19. Di samping vaksinasi, pihaknya selalu mengedukasi para siswa untuk tetap disiplin mematuhi prokes.

“Iya, untuk hari ini masih 250 siswa kami yang mendapat jadwal sasaran vaksin, dari 449 total siswa di sini,” kata Risma.

Terkait pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), Risma menyebut masih menunggu arahan dari pimpinan.

“Saat ini masih melaksanakan sistim pembelajaran daring maupun luring,” tandas Risma.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba melalui Rikardo Hutajulu selaku Sekretaris, menyebut masih menunggu angka persebaran COVID-19 menurun, hingga mencapai batas maksimal protokoler pemberlakuan PTMT.