137 warga dari 5 Kecamatan di Toba Terima BSPS

Membantu masyarakat berpenghasilan rendah, untuk membangun rumah layak huni, Pemerintah Kabupaten Toba, bekerjasama dengan Kementerian PUPR dan Bank Mandiri menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada masyarakat dari 5 kecamatan di Toba.

Sebanyak 137 buku tabungan diserahkan secara simbolis kepada warga dari 12 desa di 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Tampahan, Siantar Narumonda, Silaen, Laguboti, dan Sigumpar, yang dipusatkan di Aula Kantor Camat Laguboti, Jumat (3/6/2022).

Sehari sebelumnya, telah diserahkan 95 buku tabungan di Kecamatan Habinsaran, juga merupakan inisiasi dari anggota Komisi V DPR RI, Dapil Sumut II, Jhoni Allen Marbun, yang diwakili oleh Roy Simanjuntak.

Dalam arahannya, Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan, bahwa bantuan masing-masing sebesar Rp.20 juta tersebut tidaklah akan cukup untuk membangun sebuah rumah layak huni.

Bantuan ini, hanya sebagai rangsangan. Boleh ditambah lagi dengan uang dari keluarga diperantauan.

Karena hanya sebagai stimulan, untuk menyelesaikan sebuah rumah, harus dikerjakan dengan bergotong-royong, seperti orangtua kita dahulu, yang dapat mendirikan ruma gorga, dengan bergotong-royong.

“Mari kita bekerja (berjuang), itulah tujuan bantuan ini, kita akan serahkan ini nanti. Tapi jadilah masyarakat yang mampu membangun rumah sendiri,” ujar Bupati Poltak Sitorus

Maringan Pasaribu dari Desa Haunatas 2, mewakili penerima BSPS, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah, atas bantuan bedah rumah yang telah mereka terima.

Ia berharap, masyarakat dapat menyatukan hati, bergotong-royong untuk membangun rumah, serta tidak menjadi candu menerima bantuan.

“Yang kalian berikan ialah dorongan untuk merangsang jiwa kami. Kami jadi memiliki semangat baru, meskipun sudah tua, untuk menyumbangkan tenaga kami,” kata Maringan Pasaribu.

Selanjutnya penyerahan buku tabungan secara simbolis kepada setiap desa, dan sesi foto bersama.

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri