skip to Main Content
Yasop SMAN 2 Balige Laksanakan Test Akademik TP. 2015/2016

Yasop SMAN 2 Balige Laksanakan Test Akademik TP. 2015/2016

Balige, MCT0basa-  Yayasan Soposurung (Yasop) Balige Tahun Pelajaran 2015/2016 kembali melaksanakan test akademik terhadap 1.888 orang dari berbagai kabupaten/kota se-Indonesia, diantaranya dari Kabupaten Kawasan Tapanuli, Kota Pematangsiantar, Kota Medan, Propinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat , dan Timika Papua bertempat di SMA Negeri 2 Balige dan SMP Negeri 1 Balige, Sabtu, (28/3).

Demikian hal itu disampaikan Ketua Pelaksana Test Akademik Mekar Sinurat, SH yang juga menjabat sebagai Kepala Asrama Siswa Yasop Balige kepada tim MCTobasa pada saat berlangsungnya ujian dimaksud.

Sebelumnya, para peserta test akademik ini telah melakukan proses registrasi online melalui portal www.pendaftaran.yasop.org yang dilaksanakan tanggal 01 s.d. 28 Februari 2015 yang lalu atau langsung datang ke alamat panitia di kantor panitia penerimaan siswa Yasop Balige sejak tanggal 11 s.d. 15 Maret 2015 pada jam kerja, kata Mekar.

Persayaratan yang harus dipenuhi oleh masing-masing peserta ujian lanjut Mekar adalah harus memperoleh nilai tuntas pada masing-masing sekolah sejak semester 1 sd. Semester 5.

Mekar juga menjelaskan  peserta test akademik Tahun Ajaran 2015/2016 yang merupakan angkatan ke-26 ini dinyatakan lulus apabila peserta unggul/mendapat ranking 350 besar, dan selanjutnya mereka akan mengikuti beberapa test di antaranya psikotest

Test tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat IQ dan kemampuan adaptasi (daya nalar/logika) para siswa, test kesehatan bertujuan untuk mengetahui kesehatan siswa secara fisik, test kesamaptaan yaitu untuk mengetahui kekuatan fisik dan wawancara untuk mengetahui motivasi siswa untuk masuk/mendaftar sebagai siswa Yasop.

Pengumuman hasil test akademik dilakukan 4 April 2015 melalui wesite resmi Yasop www.yasop.org, media cetak  dan papan pengumuman di komplek SMA Negeri 2 Balige dan Yasop Balige.

Dr. TB. Silalahi melalui juru bicaranya Alonso Fin Manik, ST, mengatakan,  Orang Batak (red: masyarakat) dapat mengubah nasibnya harus melalui/menempuh pendidikan, oleh karena itu Yasop Balige yang sejak tahun 1992 telah mendidik anak-anak Batak secara umum dengan memberikan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis karakter, disiplin, berbudaya dan bertagwa kepada Tuhan.

Kepala SMA Negeri 1 Balige melalui Pasno Lingga, S.Pd sebagai Koordinator Pelaksanaan Test Akademik mengatakan bahwa  proses perekrutan siswa asrama Yasop merupakan tanggungjawab penuh dari Yasop, setelah dinyatakan lulus, maka pihak Yasop akan melakukan koordinasi dalam pengaturan jadwal pembelajaran kepada SMA Negeri 2 Balige.

Turut hadir pada pelaksanaan test akademik siswa Yasop dalam memberikan pengarahan kepada peserta ujian Kepala Dinas Pendidikan Kab. Toba Samosir Drs. Lalo Hartoni Simanjuntak, Kepala Bidang Kurikulum Drs. J. Panjaitan, Kepala Asrama Yasop Mekar Sinurat, SH, Kepala SMA Negeri 2 Balige Aldon Samosir, S.Pd., Kepala Bidang Kominfo Sesmon TB. Butarbutar, S.Pd., M.Si,  mewakili Dewan Pembina Yasop Alonso Fin Manik, ST, Wasek Bidang. Kurikulum SMAN 2 Balige Pasno Lingga, S.Pd, para pengawas ujian dan para orang tua dan pendamping peserta ujian test akademik. (mctobasa/sesmontb/jos)

Back To Top
×Close search
Search