skip to Main Content
Yasop Laksanakan Ujian Penerimaan Siswa TA. 2016/2017

Yasop Laksanakan Ujian Penerimaan Siswa TA. 2016/2017

Balige, MCtobasa  – Sebanyak 2400 orang siswa SMP yang berasal dari berbagai penjuru Nusantara mengikuti Seleksi Penerimaan Siswa Baru (SPSB) di Yayasan Soposurung (Yasop) Tahun 2016, Jumat (18/3).

Ketua Panitia Seleksi Mekar Sinurat, SH yang juga menjabat sebagai Kepala Asrama Yasop mengatakan kepada media ini, bahwa pelaksanaan ujian berlokasi di 3 (tiga) tempat yakni di SMAN 2 Balige, SMPN 1 Balige dan SMPN 4 Balige.

“Tahun ini jumlah peserta SPSB mengalami penambahan peserta sekitar 600 orang dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini menunjukkan bahwa Asrama Yayasan Soposurung/SMAN 2 Balige semakin diminati para pelajar”, pungkas Mekar.

Diterangkannya, jumlah peserta terbanyak berasal dari kawasan Danau Toba yakni dari Kabupaten Toba Samosir 614 siswa (27%), Kabupaten Tapanuli Utara 220 siswa (10%), Dairi 192 siswa (9%), Kabupaten Humbang Hasundutan 93 siswa (4%), Samosir 92 siswa (4%), Pakpak 1% Kabupaten lain di Sumut 39% dan 1o% dari luar Sumut.

“Jadi bukan hanya dari wilayah Tapanuli, hampir dari seluruh Kabupaten Kota di Indonesia, seperti Papua, Kupang, Sulawesi, dan Provinsi lainnya,” katanya.

“Yang mendaftar mencapai sekitar 8.000 siswa. Tapi setelah dilakukan seleksi administrasi, hanya sebanyak 2.400 siswa yang lulus. Mereka lah yang saat ini sedang melaksanakan ujian tahap I, yakni ujian Akademk bidang studi Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris,” kata Kepala Asrama Yasop Mekar Sinurat SH.

Lebih lanjut Mekar mengatakan hasil dari seleksi tahap pertama itu akan dijaring sebanyak 350 siswa terbaik. Kemudian akan dilakukan lagi seleksi tahap II, yakni Kesehatan, Kesamaptaan, dan wawancara.

“Yang lulus seleksi tahap I akan diumumkan tanggal 24 Maret 2016. Kemudian mereka yang lulus berhak mengikuti seleksi tahap II yang akan digelar tanggal 1-2 April. Dari hasil seleksi tahap II menentukan 120 siswa terbaik, dan merekalah yang berhak masuk Asrama Yasop nanti untuk angkatan ke-27 Tahun 2016,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Toba Samosir Drs. Lalo H. Simajuntak dalam arahannya menyampaikan kepada seluruh peserta agar berkompetisi secara sehat dan menjadi yang terbaik untuk dapat dibina dan di didik di Asrama Yayasan Soposurung-SMAN 2 Balige.

Yayasan ini telah mempunyai pengalaman selama 24 tahun dalam mencetak manusia unggul dan berkarakter, tegas Aldon Samosir, S.Pd., M.Si yang juga sebagai Kepala SMAN 2 Balige.

Pada akhir acara sambutannya Mekar Sinurat menyampaikan bahwa hasil seleksi akademik akan diumumkan oleh panitia tanggal 24 Maret 2016 melalui website www.spsb.yasop.org, dan mereka yang lulus akan mengikuti tes psikotes, tes kesehatan, tes kesamaptaan dan wawancara. (mctobasa/stb)

Back To Top
×Close search
Search