skip to Main Content
Ulos Sepanjang 450 Meter Di FDT Dapat Rekor MURI

Ulos Sepanjang 450 Meter di FDT Dapat Rekor MURI

Balige, MediaCenter – “Ulos Sadum” sepanjang 450 meter yang dipamerkan di Festival Danau Toba, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). “Ulos batak ini memecahkan rekor ulos terpanjang di dunia. Ulos ini dikerjakan oleh 20 orang anggota kelompok pengrajin Batak binaan Bank Indonesia secara bergantian selama sekitar delapan bulan,” ujar Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho saat mengahadiri Pembukaan Festival Danau Toba di Meseum TB Silalahi Centre, Balige Sumatra Utara, Rabu (17/9).

Menurut Gatot Pujo Nugroho, Festival Danau Toba (FDT) merupakan tahun kedua pelaksanaannya setelah namanya berganti dari sebelumnya Pesta Danau Toba. “Ini merupakan sarana promosi objek wisata budaya dan wisata alam di kawasan Danau Toba.

Diharapkannya dengan terselenggaranya acara FDT ini sejumlah wisatawan yang berkunjung akan terus mengalami peningkatan,” kata Pujo. Pada FDT 2014 akan dipusatkan di empat lokasi, yaitu TB Silalahi Center, Lapangan Sisingamangaraja, IT Del Sitoluama, dan Dermaga Pelabuhan Balige.

Acara akan diramaikan dengan kegiatan pergelaran seni dan budaya yang terdiri atas lomba fotografi, jelajah destinasi Toba Samosir, trail adventure motor offroad, lomba suara dan solo, lomba burung berkicau, permainan tradisi, konvoi becak khas Toba Samosir, paralayang, dan lomba renang rakyat 10 kilometer. (mctobasa/sesmontb/mans)

Back To Top
×Close search
Search