skip to Main Content
Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah PNS Di Toba Samosir

Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah PNS di Toba Samosir

Balige, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan, sosok pegawai negeri sipil (PNS) yang diharapkan adalah PNS yang memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara.

“Selain itu, juga bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya saat membuka pelaksanaan ujian kenaikan pangkat penyesuaian  PNS di aula SMK N 1 Balige Toba Samosir, Kamis (7/8).

Bupati Pandapotan dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan ujian kenaikan pangkat penyesuaian  PNS merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia aparatur dalam rangka terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi.

PNS sebagai unsur utama sumber daya manusia aparatur negara, disebutnya,  memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. 

Ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah ini, merupakan salah satu syarat dalam pengembangan karir berupa kenaikan pangkat sesuai amanat peraturan pemerintah No 12 Tahun 2002 tentang kenaikan pangkat PNS dan peningkatan SDM adalah instrumen yang sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas aparatur.

Hal ini mencakup peningkatan pengetahuan, kemampuan, kedisplinan, perubahan sikap dan perilaku seorang PNS./

Dan penyelenggaraan ujian bukan sekedar  untuk memenuhi persyaratan administrasi namun diharapkan dapat membawa dampak yang ril bagi peningkatan kinerja di lingkungan pemerintah Kabupaten Toba samosir dan bagi seluruh peserta  supaya sungguh-sungguh mengikuti ujian, kata Bupati Toba Samosir. 

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah Toba Samosir Drs Kasten Panjaitan mengatakan peserta ujian sebanyak 25 orang peserta dengan rincian lulusan strata dua (S-2) sebanyak 1 orang peserta dan lulusan strata satu sebanyak 24 orang peserta.

Sedangkan materi ujian meliputi pengetahuan umum 60 soal, Bahasa Inggris 20 soal, potensi akademik 20 soal, dengan alokasi waktu pelaksanaan ujian adalah 120 menit dan syarat kelulusan harus mencapai nilai minimal 70. (mctobasa/sesmontb/uli)

Back To Top
×Close search
Search