skip to Main Content
TP. PKK Kabupaten Pakpak Barat Studi Banding Ke Toba Samosir

TP. PKK Kabupaten Pakpak Barat Studi Banding ke Toba Samosir

Balige, MCTobasa – Rombongan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan dan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Pakpak Barat mengadakan kunjungan studi banding program Hatinya PKK, yakni Program Pemanfaatan Pekarangan Rumah dengan Baik, di Kabupaten Toba Samosir.

Kedatangan rombongan, didampingi TP. PKK Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), di Desa Sigodang Tua, Kecamatan Silaen, yaitu desa yang menjadi tujuan studi banding, Rabu (10/6), disambut masyarakat desa setempat.

Dalam sambutannya Ny. Agustina Liberty Pasaribu, sebagai Pembina TP. PKK Kabupaten Tobasa, menyatakan rasa terima kasih kepada Ketua TP. PKK Kab. Pakpak Barat Ny. Made Tirta Remigo Y. Berutu, atas kepercayaannya untuk memilih Tobasa sebagai tempat studi banding.

“Sengaja kami memilih Desa Sigodang Tua ini untuk lokasi kunjungan, karena program Hatinya PKK telah terbina dengan baik di desa ini, dengan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai Taman Obat Keluarga (Toga) dan Warung Keluarga,” ujar Ny. Agustina.

Dengan adanya Toga yang menghasilkan Obat Herbal dan Warung Keluarga yang menghasilkan sayur-sayuran, maka ekonomi keluarga pasti akan terbantu, karena akan dapat menghemat biaya belanja kebutuhan dapur (rumah tangga).

Bahkan pada Tahun 2014, Desa Narumonda II Kecamatan Siantar Narumonda Kab. Tobasa telah berhasil meraih prestasi Harapan II Tingkat Provinsi Sumatera Utara dalam pemanfaatan hasil Toga dengan menampilkan produk seperti Wedang Sangge-Sangge (Serai), Juice Lidah Buaya dan Juice Timun yang bermanfaat meningkatkan kesehatan.

Ketua TP. PKK Desa Sigodang Tua dalam laporannya membenarkan banyaknya manfaat positif yang mereka peroleh di antaranya dalam peningkatan ekonomi masyarakat desa, setelah adanya pembinaan secara rutin kepada para Kader PKK desa oleh TP. PKK Kabupaten.

Sementara Ny. Made Tirta Remigo Y. Berutu menyatakan rasa kagum atas keadaan desa yang menjadi tempat kunjungan studi banding ini.

“Setelah berkeliling desa, saya melihat walaupun rumah tinggal masyarakat sederhana, tetapi yang membuat kami kagum, seluruh pekarangan rumah telah dimanfaatkan secara maksimal dengan menanam berbagai tanaman obat, sayuran dan beraneka ragam bunga, sehingga terlihat indah dan rapi,” ungkapnya.

Rombongan TP. PKK Kab. Pakpak Barat yang kami bawa sekarang ini adalah TP. PKK Desa, dengan harapan setelah kunjungan ini nantinya TP. PKK Kab. Pakpak Barat mampu mempraktekkan di desa masing-masing.

Dan TP. PKK Kab. Pakpak Barat juga mengundang TP. PKK Kab. Tobasa untuk datang berkunjung ke daerah kami karena wilayah Tobasa dan Pakpak Barat memiliki kesamaan yang terdiri dari pegunungan dan berhawa sejuk.

Pada saat acara kunjungan rombongan TP. PKK Pakpak Barat dan PKK Tobasa, masyarakat Desa Sigodang Tua juga menampilkan berbagai kegiatan binaan TP. PKK Desa berupa, Senam Lansia dan Tari-tarian dari anak-anak PAUD binaan Kader PKK Desa.

Sebelum meninggalkan Kab. Toba Samosir, rombongan TP. PKK Pakpak Barat, dijamu beristirahat sejenak di Pendopo Komplek Rumah Dinas Bupati Tobasa, dan Ny. Agustina Liberty Pasaribu mewakili PKK Kab. Tobasa memberikan cindera mata berupa ulos kepada Ketua TP. PKK Pakpak Barat. (mctobasa/sesmontb/edu)

Back To Top
×Close search
Search