skip to Main Content
Toba Samosir Gelar Sosialisasi Pemantauan Dan Evaluasi Persiapan Pilkada 2015

Toba Samosir Gelar Sosialisasi Pemantauan dan Evaluasi Persiapan Pilkada 2015

Balige, MCTobasa – Pemerintah Kabupaten Tobasa,  melalui Tim Desk Pilkada yang terdiri dari koordinasi dengan instansi terkait, di antaranya KPU Tobasa  dan Panitia Pengawas Pemilih, Kejari Balige, Polres Tobasa, dan Kodim 0210 TU, melakukan sosialisasi pemantauan dan evaluasi persiapan pilkada Kabupaten Toba Samosir .

Sosialisasi yang bertempat di Aula SMK N 1 Balige, Selasa (1/12) tersebut, dilaksanakan untuk mensukseskan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang.

Peserta kegiatan ini terdiri para Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), para Camat, Kepala UPTD Dinas Pendidikan, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Sekolah, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Tobasa.

Pj. Bupati Tobasa Hasiholan Silaen, SH dalam sambutannya  mengatakan bahwa delapan hari mendatang, yakni tanggal 9 Desember 2015, kita akan melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir.

“Saya mengimbau kepada seluruh anggota  KPPS untuk bekerja dengan tekun dan bersungguh-sungguh agar partisipasi kehadiran pemilih dapat meningkat dari pemilu tahun lalu dan diharapkan dapat mencapai 80%,” kata Hasiholan.

Lebihlanjaut disampaikan Pj. Bupati Hasiholan, bahwa saat membuka TPS supaya mengarahkan semua anggota KPPS dan petugas keamanan TPS bekerja sesuai dengan ketentuan, karena pekerjaan petugas KPPS akan diawasi oleh Panwas dan masyarakat.

Pada akhir sambutannya, Pj. Bupati Hasiholan Silaen kembali mengingatkan apa yang sesuai dengan ketentuan yang diamanatkan Undang-Undang bahwa keberadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, harus bersikap netral karena akan ada sanksi yang dikenakan bagi yang melanggar.

“Dan kiranya kerja sama yang baik tetap dilanjutkan sehingga Pilkada di Kabupaten Toba Samosir dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara Ketua KPU Tobasa Rinto Hutapea dalam sambutannya mengatakan tahapan yang sudah dibuat oleh KPU antara lain, telah terbentuknya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 16 kecamatan, Panitia Pemungutan Suara (PPS) 224 Desa/Kelurahan dan 470 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Semua telah berjalan dengan baik, dan jumlah daftar Pemilih berjumlah 129.560 jiwa yang terdiri dari 129.127 jiwa sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 339 jiwa daftar Pemilih Tetap Tambahan 1.

Sedangkan bagi masyarakat yang belum memiliki undangan pemilih dapat langsung ke TPS dengan syarat membawa KTP, Kartu Keluarga dan juga Pasport dimana NIK harus teregistrasi pada Dinas Catatan Sipil dan kependudukan.

Ketua KPU Tobasa Rinto juga memastikan bahwa logistik surat suara akan sampai besok, Rabu (2/12), kemudian dilakukan pengepakan dimana akan melibatkan dari Kecamatan selanjutnya, kotak suara dikunci dan disegel. Apabila terdapat sisa akan dimusnahkan, dan pada tanggal 8 Desember 2015 akan didistribusikan ke TPS.

Maka diimbau kepada kita semua untuk datang pada tanggal 9 Desember 2015 dari pukul 07.00 Wib sampai dengan pukul 18.00 dan diharapkan mencapai target hingga 80%.

Sementara Kapolres Toba Samosir AKBP Jiddin Siagian, SH, MH menyampaikan untuk tidak menerima uang dari pihak manapun karena uang yang diterima tidak sesuai dengan dosa yang akan kita tanggung Kepada Tuhan.

Adanya sanksi bagi menerima maupun pemberi uang baik itu dari kalangan masyarakat ataupun dari kalangan Aparatur Sipil Negara. Rap ma Hita Pature Hutata On  terwujud Toba Samosir yang aman tertib dan Kondusif. (mctobasa/sesmontb/sar)

Back To Top
×Close search
Search