skip to Main Content
Toba Samosir Bulatkan Tekad Mempertahankan Dan Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila

Toba Samosir Bulatkan Tekad Mempertahankan dan Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila

Balige, MediaCenter – Pemerintah Kabupaten Toba Samosir bersama Forum Komunikasi Pemerintah Daerah, TNI/POLRI, para pimpinan SKPD se-Kabupaten Toba Samosir,  mahasiswa Diakones HKBP Balige, pelajar SMP/SMA/SMK bersama-sama membulatkan tekad dalam mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan hukum untuk menggalang memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kestuan Republik Indonesia.

Kebulatan tekat itu dituangkan dalam ikrar yang dibacakan Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan didampingi Sekdakab. Toba Samosir Drs. Audy Murphi Sitorus, Kajari Balige Harly Siregar, SH, Ketua PN. Balige T. Marbun, SH., MH, pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2014, di komplek Tugu Pahlawan Revolusi Mayjen Anumerta D.I. Panjaitan, Balige Kabupaten Toba Samosir, Rabu (1/10).

Kapolres AKBP Budi Hariyanto., Sik., M.Si pada saat itu bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Danramil Silaen Kapten Inf. Abner Manurung sebagai Komandan Upacara dan Danramil Balige Kapten Inf. M. Simanjuntak sebagai Perwira Upacara.

Setelah ikrar kebulatan tekad dibacakan, Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan menandatangani ikrar peringatan Hari Kesaktikan Pancasila,  dan kemudian dilanjutkan peletakan krans bunga pada tugu DI. Panjaitan oleh Inspektur Upacara Kapolres Tobasa AKBP Budi Hariyanto, Sik., M.Si.

Secara terpisah Kepala Dinas Sosial Ir. TH. Sitorus didampingi Sekretaris Marnaek Parhusip, S.Pd mengatakan, kebulatan tekad itu diikrarkan karena nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Hari Kesaktian Pancasila adalah milik bangsa, karenanya kebulatan tekad itu diikrarkan, supaya nilai-nilai yang terkandung didalamnya benar-benar dihayati dan diamalkan sehingga dapat menjadi kekuatan untuk menanggulangi rongrongan terhadap NKRI,” katanya.

Para pelajar sebagai generasi penerus bangsa pun, lanjutnya, supaya menghargai perjuangan para pahlawan revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi Negara Republik Indonesia, Pancasila. Sehingga akan diperoleh nilai-nilai yang terkandung dalam tatanan sanubari para pelajar untuk dihayati dan diamalkan. (mctobasa/sesmontb/edu)

Back To Top
×Close search
Search