skip to Main Content
Tiga Unit MPLIK Toba Samosir Berjalan Sukses Bantu Akses Informasi Masyarakat Daerah Terpencil

Tiga Unit MPLIK Toba Samosir Berjalan Sukses Bantu Akses Informasi Masyarakat Daerah Terpencil

Balige, mctobasa – Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK) di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) berjalan dengan sukses untuk membantu akses informasi masyarakat di daerah terpencil, tertinggal dan terluar.

Hal ini terlihat oleh pelayanan internet di daerah Tobasa yang sudah maksimal hingga melayani kedesa tertinggal dan terpencil.

M-PLIKmerupakan bagian dari Empat (4) Program Desa Pinter (Desa Punya Internet) yang dilakukan oleh Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui operasional yang dilakukan Kominfo Kabupaten Toba Samosir.

Desa Pinter dimaksudkan untuk menghilangkan kesenjangan informasi dan membantu dunia pendidikan di Tanah Air.

“Dengan komputer yang dilengkapi akses internet, masyarakat dapat mengakses informasi apapun termasuk dunia pendidikan dan pengetahuan lainnya,” kata Dewi Lumban Toruan dan Vera Situmeang, sebagai operator Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan saat di temui Wartawan Palapa Pos di salah SD Negeri 175804Ujung Tanduk Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Samosir (Selasa 20/1).

Pelayanan ini sudah dilakukan oleh Kominfo Tobasa sejak tahun 2011 hingga saat ini, dengan tujuan memberikan pelajaran terhadap siswa khususnya kelas 5 dan kelas 6 di 16 Kecamatan Se-Kabupaten Toba Samosir.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan dan Komifo Kabupaten Toba Samosir Ir.Pargaulan Sianiparmelalui Kepala Bidang Komunikasi dan InformatikaSesmon TB. Butar butar,S.Pd. M.Si. mengatakan tiga (3) unit MPLIK yang dikelolanya dimanfaatkan untuk memberikan Pelayanan Diseminasi Informasi melalui pemanfaatan Jaringan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat dan secara khusus untuk bidang pendidikan dasar yang belum terkoneksi oleh jaringan internet.

Lebih lanjut dikatakan Kabid Sesmon, sebagai tindaklanjut perwujudan dari visi misiBupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang perduli akan dunia pendidikan sebagai modal dasar pembangunan sumber daya manusia berkualitas dan mampu bersaing, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

MPLIK yang dikelolanya mempunyai motto jangan biarkan yang terpencil jadi terkucil” yang berarti MPLIK akan memberikan pelayanan langsung (mobile) kepada masyaralat yang belum dapat dijangkau oleh jaringan teknologi informasi dan komunikasi, kata Sesmon.

Hal senada dikatakan Kepala SD Negeri 175804 Ujung Tanduk Sofianna Hutapea, layanan MPLIK ini cukup baik untuk peningkatan mutu dunia pendidikan bidang impormatika yang dapat langsung sebagai bahan praktik peserta didik dalam melihat informasi yang berkembang dari seluruh penjuru tanah air dan bahkan dunia luar.

Dan Kepala SD 175804 berharap agar MPLIK lebih proaktif lagi dalam memberikan pelayanan demi menunjang pembelajaran anak sekolah sebagai generasi masa depan bangsa dan mempunyai watak yang cerdas namun bermanfaat begi semua orang (mctobasa/sesmontb/ft)

Back To Top
×Close search
Search