skip to Main Content
TB. Silalahi Center Gelar Festival Kuliner Khas Batak

TB. Silalahi Center Gelar Festival Kuliner Khas Batak

Balige, MCTobasa – Dalam melestarikan warisan budaya Batak terutama khas makanan (kuliner) asal Batak, TB. Silalahi Center mengelar Acara Festival Kuliner Khas Batak bertempat di TB. Silalahi Center selama 5 hari sejak tanggal 30 Desember 2015 hingga 3 Januari 2016.

Pj. Bupati Toba Samosir (Tobasa) Hasiholan Silaen, SH didampingi Sekdakab Tobasa Drs. Audi Murphy Sitorus, SH., M.Si dan Andi Marpaung mewakili Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, secara resmi membuka Festival Kuliner Khas Batak tersebut dan langsung meninjau stand dan bazar masakan khas Batak yang dipandu langsung oleh Ketua Umum TBSC Duma Yanti Silalahi, SE, M. Hum.

Pj. Bupati Tobasa Hasiholan Silaen, SH menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada TB. Silalahi Center dalam pelaksanaan Acara Festival Kuliner Khas Batak yang menampilkan Masakan Khas Batak dari enam puak Subetnis Suku Batak.

“Festival Kuliner Khas Batak yang baru pertama kali diselenggarakan di TB. Silalahi Center ini cukup menarik, karena dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan serta melestarikan warisan budaya kepada khalayak umum khususnya generasi muda Suku Batak,” sebut Hasiholan dalam sambutanya.

Festival Kuliner ini bertajuk Siallang Na Tabo (red: Orang yang Senang Makan Makan Enak) sangat tepat untuk menarik minat para pengunjung sehingga kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisata dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Pj. Bupati.

Sebelumnya Ketua Umum TB. Silalahi Center Duma Yanti Silalahi dalam laporannya mengatakan bahwa Festival Kuliner Khas Batak didesain menjadi kegiatan budaya yang memperkenalkan warisan budaya Batak dari enam sub etnis Batak yaitu, Batak Karo Simalungun, Toba, Mandailing, Pakpak dan Angkola.

Dan dalam acara ini akan dilakukan demo memasak makanan khas dan lomba memasak dengan bahan baku dari ubi dan jagung. (mctobasa/sesmontb/sar)

Back To Top
×Close search
Search