skip to Main Content

Dinas Komunikasi dan Informasika Provinsi Sumatera Utara Selenggarakan Bimtek KIM di Toba Samosir

Balige, MCTobasa – Dinas  Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Toba Samosir mengadakan Acara Bimtek Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2015 bertempat di SMK Negeri 1 Balige, Rabu (16/12).

Acara tersebut dibuka Kepala Dinas Propinsi Sumatera Utara, yang diwakili Kepala Balai BBPPKI Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si dan dihadiri para perwakilan Kelompok Informasi Masyarakat Kecamatan se-Kabupaten Toba Samosir.

Adapun maksud dan tujuan penyelenggaran acara ini adalah untuk meningkatkan kompetensi Kelompok Informasi Masyarakat se-Kabupaten Toba Samosir dalam upaya penyebaran informasi dan program pemerintah kepada masyarakat dan sebaliknya serta membantu memberikan pengatahuan, pengalaman dan keterampilan yang bermanfaat dalam segala aspek pembangunan melalui Kelompok Informasi  Masyarakat  sehingga berdaya mandiri dan hidup layak agar mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi.

Kepala Dinas Kominfo Prop. Sumatera Utara Drs. Jumsadi Damanik dalam sambutan yang dibacakan Kepala BBPPKI Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si berharap agar KIM yang ada di Kabupaten Toba Samosir berkembang secara mandiri dan dapat menyatukan jerjaring dengan KIM yang ada di daerah ini dan yang ada di Sumut.

Sebelumnya Pj. Bupati Toba Samosir melalui Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Toba Samosir Drs. Salomo H.K. Simanjuntak menyampaikan terimakasih kepada Dinas Kominfo Provinsi Sumut atas penyelenggaraan acara bimtek Pemberdayaan KIM Kab/Kota se-Sumatera Utara di Kabupaten Toba Samosir.

“Semoga kegiatan ini menjadi momentum dalam memberdayaan KIM yang ada di Kabupaten Toba Samosir pada tahun-tahun mendatang, sehingga KIM di Toba Samosir menjadi mitra pemerintah untuk menerima, mengolah dan memberikan infomasi yang benar kepada masyarakat,” tegas Salomo.

Yang menjadi narasumber dalam acara ini adalah Kepala BBPPKI Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si, Ketua Relawan TIK Sumatera Utara Eko M. S.Kom, M.Kom yang sehari-hari sebagai Dosen Pengajar di Fakultas Ilmu Komputer USU Medan, Kepala Bidang Kominfo Toba Samosir Sesmon TB. Butarbutar, S.Pd., M.Si.

Narasumber Drs. Irbar Samekto, M.Si menyampaikan agar KIM Toba Samosir dapat memanfaatkan ICT dalam memberdayaakan organisasi ini sehingga informasi yang akan diolah secara realtime dapat tersampaikan kepada masyarakat.

Sementara Narasumber Sesmon TB. Butarbutar mengatakan bahwa melalui Kelompok Informasi Masyarakat kecamatan se-Kab. Toba Samosir dapat membangun kebebasan berekspresi dan diharapkan menambah nilai tambah kepada masyarakat untuk pelaksaan pembinaan kelompok informasi masyarakat.

Dan KIM yang baru dibentuk di 16 kecamatan se-Kab. Toba Samosir direncanakan akan dikukuhkan oleh Bupati Toba Samosir sekitar bulan Januari 2016 mendatang menjadi bagian dari pemerintah dalam pelaksanaan diseminasi informasi.

“Kehadiran KIM  akan menciptakan sumber daya manusia yang berintegritas  di bidang informasi sehingga menjadi insan informasi yang dapat diandalkan dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Toba Samosir,” kata Kabid Kominfo Sesmon. (mctobasa/sesmontb/sar)

Back To Top
×Close search
Search