skip to Main Content
Siswa SMA Unggul Del Laguboti Terpilih Menjadi Duta Anggota Paskibra

Siswa SMA Unggul Del Laguboti Terpilih Menjadi Duta Anggota Paskibra

Balige, MediaCenterTobasa – Dua siswa SMA Unggul DEL Laguboti yakni Theovani dan Albertus, lulus seleksi dan akan menjadi duta Tobasa sebagai anggota paskibra pada tingkat provinsi dan pusat.

Kadispora Sandy Sibuea, Kepala Sekolah SMA Unggul DEL Alfared H Silalahi, Danramil Balige Kapten M Simanjuntak, Kapolsek Balige AKP B Manik dan Kepala Bidang Kepemudaan Friska Barimbing, dan Kepala Seksi Prestasi Pemuda Gokma Malau, SE melakukan audensi dengan Plt. Bupati Liberty Pasaribu di rumah dinas, di Balige, Rabu (3/6).

Sandy Sibuea mengatakan kehadiran mereka di rumah dinas, untuk meminta arahan dan bimbingan serta doa restu Plt Bupati, karena Theovani Siagian kelas X telah lulus seleksi di tingkat provinsi sebagai anggota paskibra pada 17 Agustus mendatang dan Albertus AB Marbun, kelas X, akan berangkat ke Cibubur mengikuti tahapan seleksi anggota paskibra lanjutan untuk tingkat nasional.

“Itu maksud kehadiran kami pak, meminta arahan dan bimbingan serta doa restu bapak, agar kedua anak didik kita ini sukses melaksanakan tugas sebagai anggota paskibra dan lulus seleksi di tingkat nasional,” katanya.

Kabid Kepemudaan Friska Barimbing, menambahkan, Theovani sudah lulus dan terpilih sebagai anggota paskibra untuk HUT RI tahun ini di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Sementara Albertus, masih akan mengikuti seleksi lanjutan di tingkat nasional, di Cibubur tanggal 6-12 Juni mendatang.

“Kalau di tingkat provinsi, Albertus sudah lulus, bahkan dinyatakan juara 1 dalam seleksi itu,” jelasnya.

Kepala SMA Unggul DEL Laguboti Alfared H Silalahi, pelatih tingkat Kabupaten Kapten M. Simanjuntak dan AKP. B. Manik membenarkan hal tersebut.

Keberhasilan kedua siswa/i ini tidak terlepas dari kerjasama semua pihak, seperti para pelatih, pembimbing serta pembina seluruh peserta seleksi.

“Tapi kita pun tentunya patut memberi apresiasi terhadap seluruh peserta seleksi, karena mereka sangat serius mengikuti semua tahapan, meskipun pada akhirnya, hanya beberapa orang yang dikirim mengikuti seleksi ditingkat provinsi dan nasional,” tegas M. Simanjuntak.

Ditambahkannya, jika Albertus nantinya berhasil terpilih di Cibubur, ia akan menjadi salah satu dari dua orang duta Provinsi Sumatera Utara ke tingkat Nasional sebagai anggota paskibra 17 Agustus mendatang di Istana Negara.

“Karena dari empat siswa/i yang akan dikirim ke Cibubur mewakili Sumatera Utara, untuk mengikuti test lanjutan, masing-masing 1 orang dari Kabupaten Tobasa, Kodya Medan, Kodya Pematang Siantar dan Kabupaten Deli Serdang, hanya dua yang akan diambil, satu putra dan satu putri. Artinya duta Sumatera Utara nantinya hanya dua orang, dari 33 Kabupaten/Kota,” jelasnya.  

Mendengar laporan itu, Plt Bupati mengaku bangga dan memberi apresiasi yang tinggi atas prestasi kedua siswa/i tersebut.

“Saya yakin, Theovani dapat melaksanakan tugas ini dengan baik demikian Albertus, doa kami, kamu berhasil dan terpilih sebagai duta Sumatera Utara untuk tingkat nasional,” ujarnya penuh semangat.

Motivasi itu disampaikannya, karena menurutnya tidak ada potensi lain yang bisa mengangkat nama baik Tobasa ke tingkat provinsi dan nasional selain prestasi dari sektor pendidikan. “Selain air Danau Toba, kita hanya bisa menjual Sumber Daya Manusia,” katanya. (mctobasa/sesmontb/edu)

Back To Top
×Close search
Search