skip to Main Content
PS Pabona Jakarta Lakukan Hari Pulang Kampung Ke Balige

PS Pabona Jakarta Lakukan Hari Pulang Kampung Ke Balige

Balige, MCTobasa – Keluarga besar Paduan Suara Pardede Bona ni Onan “PS-Pabona” Jakarta melakukan kunjungan hari pulang kampung (home coming day) ke Kecamatan Balige sebagai putra Bonapasogit (kampung halaman) dari tanggal 14- 19 Oktober 2015.

Mereka adalah yang tergabung dalam PS.Pabona Jakarta merupakan para anak rantau Kelurahan Pardede Onan Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir yang rindu akan kampung halaman tempat kelahirannya, dan ingin menikmati keindahan Danau Toba serta ingin melihat secara langsung perkembangan pembangunan di Bonapasogit.

PS. Pabona Jakarta melakukan ramah-tamah bersama Pemkab Toba Samosir yang dihadiri Asisten Administrasi Umum Eston Sihotang, S.Pd, Camat Balige Sahala Siahaan, Kepala Dinas Pertanian Ir. Tua Pangaribuan dan Kelompok Tani yang ada di Kelurahan Pardede Onan Balige, di Aula Hotel Nabasa Balige, Kamis (15/10).

Dalam sambutanya,Plh. Bupati Toba Samosir yang diwakili oleh Eston Sihotang, S.Pd mengucapkan terimakasih kepada para anak rantau yang juga keturunan marga Pardede.

Karena kehadiran rombongan di Bonapasogit membawa kebahagiaan masyarakat Toba Samosir umumnya dan khususnya masyarakat Balige, yang mana kami ketahui dan lihat sendiri PS. Pabona membuat rencana memberikan bantuan kepada sekolah dan masyarkat.

Hal senada disampaikan Camat Balige Sahala Siahaan. Sebagai Camat Balige Bonapasogit sangat mengapresiasi kehadiran Keluarga Besar  PS. Pabona yang juga merupakan pomparan marga Pardede.

“Peran serta Keluarga Besar marga Pardede di Bonpasogit sangatlah besar, hal ini telah berlangsung sejak jaman Ompung (nenek moyang) kita hingga sekarang dapat kita lihat berbagai fasilitas pemerintah yang kita gunakan berada di atas tanah yang diberikan Keluarga Besar Pardede,” kata Sahala.

Untuk itu, harapan kami untuk masa yang akan datang, marga Pardede menjadi pelopor untuk para anak rantau membentuk Kelompok yang dapat membantu percepatan pembangunan Bonapasogit ini, lanjut Camat Sahala.

Dalam kegiatan “home coming day PS. Pabona”, Jekson Pardede sebagai ketua menyampaikan beberapa jadwal yang akan mereka lakukan selama berada di Bonapasogit, di antaranya melaksanakan aksi sosial yakni memberikan bantuan peralatan sekolah berupa peralatan baca tulis, alat-alat olahraga ke SD Swasta Nomor 1 dan 2 HKBP Balige.

Lebih lanjut Jekson Pardede didampingi Asisten Pemerintahan Pemkab. Toba Samosir Eston Sihotang, memberikan bantuan kepada kelompok tani berupa bibit tanaman seperti sawi, kangkung, cabe, serta bibit ternak sesuai kebutuhan masyarakat berupa, itik, ayam dan babi.

Selepas acara ini, kami juga akan melakukan ramah tamah dengan Paduan Suara “Koor Ama Pardede Onan” Kamis malam ini bertempat Open Stake Hotel Nabasa Balige, kata Jekson.

Pada hari Jum’at (16/10), kami akan melakukan wisata di seputaran Toba Samosir dan Pulau Samosir untuk menikmati keindahan alam Danau Toba, dan pada hari Minggu (18/10)kami akan menghadiri kebaktian bersama dan melakukan acara ramah tamah dengan Jemaat HKBP Balige. (mctobasa/sesmontb/sar)

Back To Top
×Close search
Search