skip to Main Content
Porkab Merupakan Ajang Menggali Potensi Atlet

Porkab Merupakan Ajang Menggali Potensi Atlet

Balige, MediaCenter– Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tobasa Tahun 2014, resmi dibuka Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak di Lapangan Sisingamangaraja XII Balige, Selasa (11/11).

Pembukaan dihadiri 1.640 atlit dan official dari 16 kecamatan ditandai pemukulan gong oleh Bupati, dan disaksikan Wabup Liberty Pasaribu, Kajari Balige Harli Siregar, Kapolres AKBP Budi Hariyanto, Ketua TP PKK Netty Pardosi, dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Sandy Sibuea.

Setelah itu, digelar atraksi beladiri wushu oleh sejumlah atlet dan marching band oleh siswa siswi TP Arjuna Laguboti.

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan, Porkab adalah merupakan salah satu agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Tobasa yang selalu dilaksanakan setiap tahun, sebagai upaya mendorong generasi muda untuk cinta olahraga.

Hal itu dilakukan, karena ia sangat setuju dengan pendapat yang menyatakan bahwa kesegaran, kebugaran tubuh serta ketenangan jiwa dapat diperoleh melalui olahraga yang teratur.

Oleh sebab itu, ia menekankan supaya olahraga senantiasa dijadikan sebagai kebutuhan, bukan sekedar kegiatan selingan atau pengisi waktu. Karena di sisi lain, salah satu tujuan Porkab adalah menggali potensi atlit-atlit daerah itu untuk dibina guna mencapai prestasi ke tingkat yang lebih tinggi.

“Untuk itu, saya harapkan Porkab ini tidak hanya sebagai ajang mendapatkan juara, tapi hendaknya juga sebagai arena membangun diri agar bermental kuat, tubuh sehat, berhikmah, bersahabat serta sebagai persiapan menuju prestasi lebih tinggi pada tingkat provinsi, nasional bahkan internasional,” pintanya.

Sebelumnya Ketua Panitia Sandy Sibuea, yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dalam laporannya yang dibacakan Henry Simarmata mengatakan ada tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porkab itu, yaitu sepakbola, bola voli, bola voli pantai, catur, renang, atletik, dan marjalengkat.

Jumlah atlet yang ikut bertanding sebanyak 1.512 orang, ditambah 128 orang official. Semua atlet dan official ini berasal dari 16 kecamatan se Kabupaten Tobasa.

Fasilitas yang disiapkan, setiap kacamatan diberikan bantuan perongkosan oleh panitia. Kemudian kaos olahraga Porkab dan medali emas, perak dan perunggu serta piagam dan uang pembinaan bagi para juara I, II dan III dari setiap cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Dasar dari penyelenggaraan Porkab ini, adalah DPA SKPD Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tobasa Tahun Anggaran 2014, No. 910/46/DPA/DPPKKD/2014 tanggal 10 Februari 2014 dan Keputusan Bupati Tobasa No. 109 Tahun 2014, tanggal 30 April 2014 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara Porkab Kabupaten Tobasa Tahun 2014,” katanya. (mctobasa/sesmontb/edu)

Back To Top
×Close search
Search