skip to Main Content
Plt. Bupati Tobasa Buka Puasa Bersama Umat Muslim

Plt. Bupati Tobasa Buka Puasa Bersama Umat Muslim

Balige, MCTobasa – Plt. Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, MSi, menghadiri acara buka puasa bersama keluarga besar MUI Toba Samosir, yang berlangsung di halaman Masjid Fisabilillah Lumban Lobu Kecamatan Bonatua Lunasi, Senin (13/7).

Acara yang cukup sederhana, namun berlangsung dengan khidmat ini, diawali dengan pembacaan ayat-ayat Al Qur’an, yang dilanjutkan kemudian dengan penyampaian kata-kata sambutan serta penyerahan tali asih berupa bantuan sarung dari Perum Jasa Tirta dari Jakarta kepada 50 orang peserta zakat.

Saat waktu berbuka tiba, seluruh hadirin dan undangan disuguhi dengan aneka makanan dan minuman berbuka khas bulan ramadhan.

Plt. Bupati Samosir Liberty Pasaribu dalam sambutannya menyatakan bahwa acara buka puasa bersama ini sangat berguna untuk menggalang silaturahmi dan kebersamaan yang merupakan salah satu hal yang mutlak untuk ditumbuhkembangkan khususnya untuk mendukung pelaksanaan pembangunan di Tobasa.

Plt. Bupati Samosir menegaskan bahwa pengalaman sudah membuktikan bahwa kebersamaan akan menciptakan keharmonisan dan suasana yang kondusif. Ibadah puasa bukan sekedar menahan haus dan lapar saja, namun merupakan sarana peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

“Kita tidak perlu mempertentangkan agama, karena agama itu selalu baik untuk setiap pemeluknya. Mari berbuat  kebaikan  dalam kehidupan sehari-sehari bermasyarakat,” tegas Liberty.

Tak lupa pada kesempatan ini, Bupati mengharapkan kerukunan beragama di tanah Batak khususnya di kabupaten Toba Samosir  terus dipupuk dan ditingkatkan, sehingga tidak timbul konflik. Ia mengajak untuk memperbanyak amal ibadah di bulan suci ini dan semoga mendapat berkah atas ibadah puasa yang telah dijalani.

Ketua MUI H Johar Fendi Samosir dalam sambutannya mengatakan semoga dalam bulan suci ini Kabupaten Toba Samosir semakin kondusif dan menjadikan bulan ramadhan menjadi akumulator energi untuk bisa melebur sifat sifat kealpaan/absentisme.

Buka puasa bersama yang dilaksanakan kali ini, terasa memiliki makna yang lebih istimewa, karena pada acara ini Plt. Bupati Samosir memberikan secara langsung tali asih berupa sarung  kepada 50 orang kaum muslim penerima zakat yang ada di Bonatua Lunasi.

Kemudian, dilanjutkan dengan pemberian 50 sarung bagi kaum muslim di mesjid Altaqwa Sibadihon Desa Nagatimbul  yang diterima Thomson Sirait dan Mesjid di Desa Janji Maria Tampubolon.

Turut juga hadir pada acara ini Wakapolres Tobasa Kompol Reza Fahlevi Lubis, Setdakab Toba Samosir Drs. Audi Murphy O. Sitorus, SH., M.Si, Camat Bonatua Lunasi Drs. Hulman Sitorus dan Kabag. Sosial Setdakab. Toba Samosir Tanda Dongoran. (mctobasa/sesmontb/sar)

Back To Top
×Close search
Search