skip to Main Content
Plt. Bupati Toba Samosir Menyerahkan Alat-alat Pertanian

Plt. Bupati Toba Samosir Menyerahkan Alat-alat Pertanian

Balige, MCTobasa – Plt. Bupati Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Liberty Pasaribu, SH., M.Si, menyerahkan bantuan alat-alat pertanian, diantaranya kereta sorong (red: beko), alat semprot, sekop dan cangkul kepada 40 KK warga masyarakat Usaha Ekonomi Produktif Lanjut Usia (UEP LANSIA) dan bantuan bedah Rumah Tak Layak Huni (RTLH) kepada 12 KK bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Porsea, Kamis, (21/5).

Plt. Bupati Liberty, mengatakan, pemerintah perlu melakukan langkah dan strategi dalam melakukan pelayanan sosial sehingga kesejahteraan lansia dapat meningkat.

Penyerahan bantuan ini, lanjutnya, merupakan salah satu bentuk pelayanan yang dapat diberikan oleh pemerintah dalam pemberdayaan lanjut usia.

Lebih lanjut Liberty, mengatakan, jumlah lansia yang menerima bantuan alat-alat pertanian tersebut sebanyak 40 orang masing-masing dari berasal dari Kecamatan Porsea, Kecamatan Parmaksian, Kecamatan Bonatua Lunasi dan Kecamatan Ajibata, sebanyak 10 orang.

Sejak Tahun 2012 hingga Tahun 2015, Pemerintah Toba Samosir telah memberikan bantuan bantuan alat-alat pertanian kepada 243 warga lanjut usia potensial, kata Liberty.

“Saya meminta kepada seluruh Camat dan Kepala Desa untuk dapat bertanggungjawab serta memonitoring bantuan yang telah diserahkan, sehingga bantuan ini dapat dipergunakan dengan baik” tegasnya.

Kepada seluruh lembaga/instansi terkait, ia  berharap agar turut peduli dan memperhatikan permasalahan sosial lansia dan RTLH yang ada di daerah Tobasa yang kita cintai ini.

Kepala Kesbangpolinmas Toba Samosir, James Silaban yang juga mantan Kepala Bappeda Tobasa mengatakan bahwa bantuan sejenis untuk daerah ini sudah pernah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Tetapi, hal yang perlu disampaikan idak semua warga mendapat bantuan sekaligus, oleh karena mari kita sabarlah dan Pemkab. Tobasa akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan bantuan baik warga yang belum mendapatkannya” sebutnya.

Sekdakab. Toba Samosir Drs. Audi Murphy Sitorus, SH., M.Si menghimbau seluruh penerima bantuan untuk manfaatkanlah alat-alat pertanian ini dengan baik.

Bila tidak dipakai, pinjamkan kepada tetangga dan jangan ada yang menjual. Karena ada beberapa kali ditemukan begitu bantuan diserahkan pemerintah, langsung dijual, dan uangnya dibelikan untuk membeli ikan asin,” kata Murphy disambut tawa para penerima bantuan.

Patar Sitorus warga Rautbosi Porsea mewakili warga penerima bantuan  menyampaikan rasa terimaksihnya kepada Plt. Bupati Toba Samosir dan jajarannya karena bantuan ini adalah suatu bentuk perhatian pemerintah kepada rakyatnya, dan hal ini menurutnya patut diapresiasi.

“Terimakasih bupati, karena bapak telah memperhatikan kami rakyat ini. Mudah-mudahan kedepan Pemerintah Kabupaten Tobasa makin maju, kiranya Tuhan memberkati kita semua,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Plt Bupati Tobasa Staf Ahli Bupati Joni Hutajulu SP, Ir. Pargaulan Sianipar, Arifin Silaen, Asisten II Bidang Ekbang Bresman Simangunsong, Asisten III Bidang Administrasi Eston Sihotang, Kaban. Kesbangpollinmas James Silaban SH, Kadis Pertanian, Peternakan dan Perikanan Ir. Tua Pangaribuan, Kepala Dinas Sosial Labinsar Sirait, Kabag Humas dan Protoker Alberth Sidabutar, dan para Camat se-Tobasa dan pejabat lainnya. (mctobasa/sesmontb/edu)

Back To Top
×Close search
Search