skip to Main Content
Pisah Sambut Kapolres Tobasa : Selama Di Tanah Batak Lagu Poda Menjadi Teladan

Pisah sambut Kapolres Tobasa : Selama di Tanah Batak Lagu Poda Menjadi teladan

Balige, mctobasa – Meski bukan berasal dari suku Batak, bagi AKBP. M. Edi Faryadi, SH., Sik selama menjalani tugasnnya sebagai Kapolres Toba Samosir mendapat ilham dari sebuah lagu Batak yang berjudul “Poda”. Baginya, lagu Poda menjadi teladan dalam hidupnya.

“Lagu Poda mengutarakan pesan orang tua kepada anaknya untuk tetap berbuat yang terbaik di perantauan. Kemudian mengingatkan untuk selalu menghormmati orang tua, dengan harapan mendapat keberhasilan. Lirik lagu Poda itulah yang saya teladani selama menjabat di daerah Tobasa ini,” tutur AKBP. M. Edi Faryadi, SH., Sik saat menyampaikan kesannya selama bertugas di Tobasa dalam acara pisah sambut Kapolres Tobasa yang digelar di lapangan Mapolres Tobasa, Kamis pekan lalu.

Perwira dengan dua melati dipundaknya itu kini mendapat kepercayaan untuk menjabat sebagai Kapolres Deliserdang. Sebelumnya, ia dipercayakan untuk menjabat sebagai Kapolres pertama kalinya di Tobasa. Dan selama di Tobasa, Ia dan keluarga selalu membawakan diri menjaga silaturahmi dengan masyarakat.

“Dulu, saya anggap saya merantau datang ke Tobasa ini. Namun sekarang, justru saya menganggap sebagai perantau ke Deli Serdang. Jabatan Kapolsek pertama kali saya dapat di Tobasa, demikian juga dengan jabatan Kapolres. Jadi sepertinya tanah Batak sudah mendarah daging bagi saya. Bahkan bila mungkin, saya ingin kembali lagi ke tanah Batak ini dengan pangkat yang berbeda, wajah yang berbeda, dan jabatan yang berbeda pula,” terangnya sambari berharap, meskipun ia dan keluarga berada di Deli Serdang, namun hubungan silaturahmi dengan masyarakat Tobasa kiranya tetap terjalin dengan baik.

Dalam kesempatan itu juga, ia menitipkan Polisi Cilik (Pocil) kepada Kapolres Tobasa yang baru AKBP. Budi Haryanto,  Sik, M.Si. Ia berharap agar Pocil yang selama ini telah berkarya hingga ke Ibukota Provinsi tetap diteruskan. Namun, setelah bertugas di Deli Serdang, Ia berjanji akan membentuk Pocil yang baru sebagai saingan Pocil Tobasa.

“Bapak ibu, mungkin inilah (Pocil, red) salah satu motivasi saya dalam bertugas. Mereka adalah anak-anak kami yang sudah membawa nama Tobasa ke sejumlah daerah. Saya titipkan mereka,” pintanya.

Usai menyampaikan sambutan serta kesan pesannya selama menjabat, Ia didampingi istri menyanyikan lagu Poda, kemudian lagu perpisahan berjudul “Pamit” kepada Pocil yang langsung disambut haru kehadiran 90 pocil yang memadatai panggung. Suasana saat itu tiba-tiba hening. Hanya isak tangis anak-anak yang terdengar riuh.  “Tak tahan saya,” kata Edi sambil menitikkan air mata.

“Kami dari pocil ucapkan terimakasih kepada Bapak yang telah menjadi kenangan terindah dalam hidup kami. Semua pelajaran yg bapak berikan kiranya menjadi modal untuk meraih cita-sita kami. Kami doakan bapak menjadi yang terbaik dalam tugas. Kami tunggu persaingan pocil Deli Serdang,” tutur salah seorang perwakilan Pocil.

Dalam temu acara pisah sambut itu, tokoh masyarakat memberikan kenang-kenangan berupa seperangkat pakaian adat batak berupa Hohop, Ulos, dan tali-tali (mahkota:red) yang langsung di pakaikan. Kemudian. Kemudian piso halasan, dan tunggal panaluan dari Unsur Muspida yang diberikan Bupati Toba Samosir  Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan, Kajari Balige, Ketua PN Balige dan uspida lainnya.

Bupati Pandapotan dalam sambutannya mengucapkan trimakasih atas pengabdian AKBP. M. Edi Faryadi, SH., Sik selama bertugas di Tobasa. “Kami dari Pemkab Tobasa mengucapkan terimakasih atas pengabdian, tenaga dan pikiran selama 14 bulan menjabat Kapolres di Tobasa. Kiranya ditempat yang baru selalu diberkati. Kepada Kapolres yang baru, kami ucapkan selamat datang dan selamat bertugas. Semoga kerjasama yang baik tetap terjalin dan dapat kita tingkatkan kedepannya,” tutur Bupati Kasmin.

Sementara itu, Kapolres Tobasa AKBP Budi berharap dukungan dari seluruh masyarakat dalam menjalankan tugasnya nanti. “Kepercayaan yang diberikan selama ini kepada Pak Edi, kiranya dapat dipercayakan kepada kami. Kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat Tobasa untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk Tobasa ini kedepannya,” pintanya.(sesmontb/ft)

Back To Top
×Close search
Search