skip to Main Content
Peringatan Ke-108 Tahun Gurgurnya Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII

Peringatan Ke-108 Tahun Gurgurnya Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII

Balige, MCTobasa – Dalam rangka memperingati 108 Tahun gugurnya Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, unsur Muspika dan perwakilan masyarakat melaksanakan upacara singkat penuh hikmat di Komplek Makam Raja Sisingamangaraja XII di Pagar Batu Balige Toba Samosir, Rabu (17/6) pagi.

Bertindak selaku Inspektur Upacara  Plt. Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH., M.Si dan komandan upacara Letda. S. Marbun.

Upacara peringatan gugurnya Raja Sisingamangaraja XII yang gugur dalam kontak senjata melawan kolonial Belanda ditandai dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung Plt. Bupati, dan membacakan sejarah singkat perjuangan Raja Sisingamangaraja XII oleh Asisten Administrasi Umum Eston Sihotang, S.Pd, serta peletakan karangan bunga dan penaburan bunga.

Setalah pelaksanaan upacara nasional, dilanjutkan dengan Tortor Pangurason dari masyarakat golongan Siraja Batak Parbaringin Malim Marsada dengan melakukan “tonggo” (red: doa) kepada “Debata Mula Jadi Nabolon” (Red: Tuhan Yang Maha Kuasa), agar seluruh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dilindungi Tuhan Yang Maha Esa.

Kepala Dinas Sosial Labinsar Sirait, S.Sos mengatakan kepada reporter mctobasa, masyarakat Toba Samosir secara khusus para generasi muda, pelajar dan mahasiswa agar jangan melupakan sejarah, karena “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah”.

“Kita perlu mengenang kembali semangat kejuangan yang ditunjukkan Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII dalam mengusir penjajah Balanda dari NKRI secara khusus dari Tanah Batak,” kata Sirait.

Semangat pantang menyerah yang dimiliki oleh Raja Sisingamangaraja XII perlu diwarisi generasi pada saat ini dalam rangka melestarikan dan meningkatkan rasa tanggungjawab, cinta tanah air dan menghargai leluhur para pahlawan, tegas Lambinsar.

Upacara peringatan ini dihadiri oleh Sekdakab Toba Samosir Drs. Audi Murphy O. Sitorus, SH., M.Si, Ketua DPRD Boyke Pasaribu, para unsur Muspika Toba Samosir, Para staf ahli Bupati, Asisten, pimpinan SKPD Toba Samosir dan beberpa pejabat Struktural dan Fungsional se-Kabupaten Toba Samosir, organisasi wanita, organisasi kepemudaan, tokoh masyarakat, Uspika Balige, Perwira TNI/Polri, mahasiswa Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli, dan perwakilan siswa SMA/SMK, SMP dan SD dari Kecamatan Balige. (mctobasa/sesmontb/hs)

Back To Top
×Close search
Search