skip to Main Content
Peringatan HUT RI Ke-70 Tingkat Toba Samosir Berlangsung Hidmat

Peringatan HUT RI Ke-70 Tingkat Toba Samosir Berlangsung Hidmat

Balige, MCTobasa– Bunyi sirene selama satu menit dan rentetan tembakan ke udara oleh prajurit TNI, menandai dimulainya pelaksanaan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 Tahun 2015 di Lapangan Sisingamangaraja di Balige, Senin (17/8).

dan bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Plh. Bupati Toba Samosir Drs. Audi Murphy Sitorus, SH., M.Si.

Sesuai dengan rencana acara, upacara diawali dengan pembacaan naskah teks proklamasi oleh Ketua DPRD Toba Samosir Boyke Pasaribu dilanjutkan dengan hening cipta untuk mengenang pengorbanan dan perjuangan para pendahulu bangsa dalam merebut kemerdekaan.

Pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang terdiri dari 29 orang yang terpilih dari siswa/i SMA/SMK se-Kabupaten Toba Samosir melaksanakan tugasnya untuk mengibarkan bendera Merah Putih dengan penuh semangat sesuai dengan standar pelaksanaan baris berbaris.

Selanjutnya setelah dilaksanakan upacara bendera, untuk menyemarakkan peringatan HUT RI ke-70 tingkat Tobasa tahun 2015 dilanjutkan dengan pawai karnaval.

Karnaval ini menempuh rute dari Lapangan Sisingamangaraja, menuju jalan Patuan Nagari kemudian memasuki kawasan Terminal Mini Balige – Jl. Raja Paindoan – Jl. Gereja – Jl. Sisingamangaraja – Jl. DI Panjaitan – Jl. Mulia Raja dan berakhir kembali di Lapangan Sisingamangaraja Balige.

Pada kegiatan pawai karnaval ini tampak barisan terdepan Paskriba, diikuti oleh barisan pelajar SD/SMP/SMA/SMK, PNS/TNI/Polri, dan Ormas.

Barisan pawai karnaval ini ketika melewati panggung kehormatan, Plh. Bupati Tobasa Audi Murphy Sitorus menerima dan memberikan salam kepada peserta pawai.

Kegiatan pawai karnaval ini dimeriahkan dengan atraksi marching band, atraksi kungfu dan pertunjukan para anak-anak PAUD/TK, sehingga menambah semaraknya acara peringatan HUT RI ke-70 Tahun 2015 yang berlangsung hingga sore.

Turut hadir dalam upacara ini adalah Kapolres Tobasa AKBP. Jidin Siagian, SH, MH, Wakapolres Tobasa Kompol Riza F.Lubis, para anggota DPRD Toba Samosir, para pimpinan SKPD se-Kabupaten Toba Samosir, para pelajar tingkat TK/Paud, SD, SMP, SMA/SMK, mahasiswa, OKP, LSM, jurnalis, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, Putra/i Tobasa dan masyarakat se-Kabupaten Toba Samosir. (mctobasa/sesmontb/hs/

Back To Top
×Close search
Search