skip to Main Content
Peringatan HKSN Dan HDI Tingkat Toba Samosir

Peringatan HKSN dan HDI Tingkat Toba Samosir

Balige, MCTobasa – Penyelenggaraan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional (HDI)Tahun 2015 Tingkat Kabupaten Toba Samosir dilaksanakan secara sederhana dan penuh rasa kekeluargaan.

Acara ini dihadiri Penjabat Bupati Tobasa Hasiholan Silaen, SH. Kapolres Tobasa AKBP Jidin Siagian, beberapa pimpinan Kepala SKPD Tobasa dan Penyandang Disabilitas serta Masyarakat bertempat di Lapangan Sepak Bola Sitoluama Kecamatan Laguboti, Selasa, (15/12).

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2015 mengambil Tema:“Ayo Kerja Bersama Membangun Indonesia Sejahtera “.

Tema ini memiliki makna mendalam untuk mendorong kebersamaan dan menjaga harmoni sehingga dapat menarik simpati agar berbuat yang terbaik bagi orang lain.

Sedangkan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2015 mengambil Tema “ Wujudkan Masyarakat Inklusi melalui Undang-Undang Penyandang Disabilitas dan Strategi Multi Sektoral “.

Kegiatan ini memiliki makna pengakuan akan eksistensi penyandang disabilitas sekaligus peneguhan komitmen untuk membangun kepedulian terhadap problematic penyandang disabilitas demi perwujudan kemandirian,kesetaraan dan kesejahteraan penyandang disabilitas.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tobasa Labinsar Sirait, S.Sos, M.Si selaku Ketua Pelaksana Kegiatan melaporkan bahwa penyelenggaraan HKSN dan HDI Tahun 2015 tingkat Kabupaten Tobasa merupakan dimensi modal sosial untuk menumbuh kembangkan semangat kebersamaan, saling percaya dan menerima, integrasi dan ikatan sosial yang dinyatakan melalui kerelaan, proaktif serta kepedulian berkorban bersama masyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Tobasa yang inklusi dan sejahtera.

Adapun rangkaian kegiatan penyelenggaraan HKSN & HDI Tobasa adalah gotong royong kebersihan di Desa Sitoluama Kecamatan Laguboti.

Selanjutnya dilaksanakan pemberian bingkisan kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS ), penayangan audio visual tentang kegiatan dan pelayanan sosial di Kabupaten Tobasa dan pemberian Piagam Penghargaan kepada Pekerja Sosial.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Tobasa Hasiholan Silaen, SH mengatakan ingin menggugah nurani seluruh yang hadir agar dapat menumbuhkan semangat kebersamaan, empati, saling berbagi, kerelaan, kepedulian serta peningkatan kesadaran masyarakat semua atas permasalahan, keadaan dan kondisi sosial di sekitar.

Pada kesempatan ini Pj. Bupati Tobasa juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh tenaga kerja sosial yang telah bekerja dan mengabdikan diri pada lembaga kesejahteraan sosial yang ada di Kabupaten Tobasa yakni Panti Karya Hephata Laguboti, Panti Asuhan H. Moh. Yasin Tambunan, Yayasan Rumah Harapan Silamosik, Yayasan Sentosa Balige, Yayasan Kesejahteraan Penyandang Cacat Sitoluama dan Komite AIDS Toba Samosir serta seluruh Pekerja Sosial yang turut memberikan bantuan serta tenaga dalam mendampingi Pemerintah demi mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat Tobasa.

Dan  tetaplah berkarya memberikan yang terbaik bagi masyarakat penyandang masalah kesejahteraan social, tegas Hasiholan.

Diakhir sambutannya Hasiholan menyampaikan atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Tobasa saya mengucapkan “Selamat Hari Natal 25 Desember 2015 dan Selamat menyambut Tahun Baru 1 Januari 2016” kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tobasa. (mctobasa/sesmontb/sar)

Back To Top
×Close search
Search