skip to Main Content
PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

Balige, MCTobasa – Kapolres Toba Samosir AKBP. Jidin Siagian bertindak sebagai Inspekur Upacara pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke-50 Tingkat Kabupaten Toba Samosir di Komplek Monumen Pahlawan Revolusi DI Panjaitan, Kamis (1/10).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan setiap tahun itu diawali dengan Pembacaan Naskah Ikrar Peringatan Hari Kesaktian Pancasila oleh Ketua DPRD Toba Samosir Boike Pasaribu.

Yang bertindak sebagai petugas dalam Upacara ini adalah, sebagai Perwira Upacara  Kapt. Inf M. Simanjuntak (Dan Ramil 17 Balige), sebagai Komandan Upacara Lettu. Inf SSR. Marbun (Dan Ton Kipan A-125/SMB).

Kapolres Tobasa bertugas membacakan naskah Teks Pancasila dan sekaligus meletakan krans bunga pada Monumen Pahlawan Revolusi Jenderal DI Panjaitan. dan Freddy Nadeak, S.Pd (Guru SMA Negeri 2 Balige) membacakan naskah Pembukaan UUD 1945, serta penandatanganan Ikrar Kesaktian Pancasila.

Peringatan kali ini dirayakan secara khidmat dan sederhana dengan tujuan sebagai wujud peringatan bahwa pada  setiap tanggal 1 Oktober merupakan Hari Kesaktian Pancasila, dan juga mengenang korban peristiwa G30S/PKI khususnya Tujuh Pahlawan Revolusi yang telah gugur.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu dirangkai dengan mengumandangkan beberapa lagu-lagu Perjuangan yang dibawakan paduan suara SMA Negeri 2 Balige dengan penuh hikmad dan penghayatan.

Upacara peringatan tersebut, dihadiri oleh Plh. Bupati Toba Samosir Drs. Audi Murphy O. Sitorus, SH., M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Balige Jefry Maukar, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Balige Darman Nababan, SH., MH, Ketua DPRD Tobasa Boike Pasaribu, para pimpinan SKPD se-Kab. Toba Samosir, OKP/Ormas, perwakilan peserta didik se-Kab. Toba Samosir. (mctobasa/sesmontb/amir)

Back To Top
×Close search
Search