skip to Main Content
Peringatan Hari Keluarga Dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan

Peringatan Hari Keluarga dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan

Balige, MCTobasa – Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Pemkab. Tobasa) memperingati Hari Keluarga Ke-22 dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tahun 2015 bertempat di halaman Kantor Bupati Tobasa Jl. Sutomo Pagar Batu Balige, Kamis (25/11).

Adapun tema peringatan ini adalah “Harganas Merupakan Momentum Upaya Membangun Karakter Bangsa Mewujudkan Indonesia Sejahtera”.

Pj. Bupati Tobasa Hasiholan Silaen, SH dalam sambutannya mengatakan, Peringatan Hari Keluarga merupakan hari istimewa bagi kita semua, terutama untuk mengingatkan kita betapa pentingnya peran keluarga dalam kehidupan sehari-hari dan bahkan dalam kehidupan sebagai bangsa dan masyarakat, karena di dalam keluarga kita membentuk dasar-dasar karakter manusia Indonesia terutama karakter dan kepribadian anak-anak kita.

Kepada semua pihak yang terkait dengan kegiatan kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan ini, terutama kepada SKPD yang terlibat langsung seperti Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa serta Dinas Kesehatan untuk membina para keluarga masyarakat agar menjadi tiang yang kokok menuju Indonesia yang maju dan sejahtera.

Pada akhir sambutan Pj. Bupati Tobasa Hasiholan Silaen mengucapkan Selamat Hari Keluarga Kepada Seluruh Keluarga di Kabupaten Toba Samosir dan mengapresiasi kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh kekeluargaan.

“Semoga keluarga-keluarga di Kabupaten Toba Samosir menjadi tiang yang kuat dan kokoh untuk menuju Indonesia yang maju dan sejahtera”

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Drs. Datang Sembiring, MPHR dalam sambutannya mengatakan “Laju pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali, dimana dalam 10 tahun terdapat pertambahan penduduk 3,5 juta jiwa per tahunnya.

Dimana pada tahun ini penduduk Indonesia telah mencapai angka 258 juta jiwa lebih, dan 15 juta diantaranya berada di Sumatera Utara.

Kondisi ini telah memberikan dampak yang tidak sesuai dengan pembangunan sosial ekonomi Negara kita.

Atas dasar kondisi itulah lanjut Datang, bahwa kegiatan acara peringatan Hari Keluarga ke-22 dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk melakukan refleksi dan evaluasi bersama untuk mewujudkan cita-cita peningkatan kesejahteraan Indonesia Emas 2045.

Selanjutnya Perwakilan Kepala BKKBN Propsu Drs. Datang dalam sambutannya mengutip kalimat mantan Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono dalam bukunya Proyeksi Penduduk Indonesia 2000-2025, “…letakkan sekali lagi dan masalah kependudukan dalam konteks pembangunan berkelanjutan dan kehidupan yang harmonis, letakkan dalam konteks kesepadanan antara kualitas dan kuantitas, dan letakkan dalam konteks pemenuhan dasar manusia”.

Sementara Panamean H. Simanjuntak dalam laporannya pada awal dimulainya acara ini mengatakan bahwa Kegiatan Peringatan Hari Keluarga ini bertujuan pertama untuk mengingatkan kembali makna dan peran keluarga bagi kehidupan kita masing-masing.

Sekaligus diharapkan menjadi momentum yang sangat strategis dalam rangka memasyarakatkan program keluarga berencana dan yang kedua sebagai upaya untuk meningkatkan cakupan dan kualitas Program KKB dan Pelayanan KB melalui metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektoral dalam kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan.

Pelaksanaan kegiatan ini panitia memberikan bantuan 40 pasang sepatu kepada para anggota lansia sehat, dan menyerahkan hadiah perlombaan kepada para pemenang lomba, yakni Lomba Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP), Lomba Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), Lomba Kader Bina Keluarga Balita (BKB), Lomba Bina Keluarga Lansia (BKL), Lomba Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), Lomba Keluarga Harmonis, Lomba Kader Bina Keluarga Remaja (BKR), Lomba Pasangan Peserta Keluarga Berencana (KB) Lestari, Lomba Pelaksana Terbaik Penggarapan KB MKJP Dalam Rangka Bakti Sosial IBI-KB-KESEHATAN, Lomba Pelaksana Terbaik Pelayanan KB MKJP Dalam Rangka Bakti Sosial IBI-KB-KESEHATAN, Lomba Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-KESEHATAN, Lomba Pelaksana Terbaik Posyandu, Lomba Pelaksana Terbaik Perilaku Hidup Sehat (PHBS), Lomba Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).

Turut hadir dalam acara ini diantaranya Kepala BPPAKB dr. Pontas Batubara, beberapa anggota DPRD Tobasa diantaranya Sahala Tampubolon dan Tohonan Siagian, pimpinan FKPD Danramil Balige M. Simanjuntak, para pimpinan SKPD, dan undangan lainnya. (mctobasa/sesmontb/sar)

Back To Top
×Close search
Search