skip to Main Content
Pemkab Tobasa Gelar Festival Gondang Dan Musik Akustik Kreasi Batak

Pemkab Tobasa Gelar Festival Gondang dan Musik Akustik Kreasi Batak

Balige, MCTobasa – Pemkab Tobasa bekerjasama dengan pegiat budaya menggelar Festival Gondang dan Musik Akustik Kreasi Batak, di lapangan Lumbansilintong, Balige, Tobasa, Sabtu (7/3), dalam rangka mempertahankan nilai-nilai budaya daerah, sekaligus memeriahkan hari jadi Kabupaten Tobasa ke-16.

Sekdakab Drs. Audi Murphy Sitorus, mewakili Bupati Tobasa, ketika membuka acara, menyebutkan, acara tersebut dilatarbelakangi dengan mulai terjajahnya budaya asli Batak secara khusus budaya daerah Tobasa.

Sehingga melalui Festival tersebut, diharapkan mampu memotivasi masyarakat khususnya para pemuda untuk tetap mempertahankan dan mencintai nilai-nilai luhur budaya daerah itu.

“Budaya kita yang semakin tertinggal, terjajah dengan pengaruh budaya luar, oleh karena itu, melalui Festival ini, mari tunjukkan kreativitas dan talentanya, serta banggalah jadi orang Batak,” tutur Audi Murpy.

Kepada seluruh stakeholder juga, Sekda mengajak untuk bersama-sama, bergandengan tangan melestarikan budaya yang kita miliki.

Semenatara Kadis Budaya dan Pariwisata Ultri Simangunsong berpesan kepada peserta lomba untuk tetap sportif dan menghargai keputusan juri. Perlombaan ini bukanlah semata untuk mengejar predikat juara.

Namun yang paling utama, bagaiamana menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat akan budayanya. “Tujuan utamanya adalah untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang kita miliki,” tambahnya.

Ketua Panitia Mangarti Sigalingging dalam dalam laporannya, menegaskan bahwa Festival tersebut bertujuan untuk menumbuhkembangkan kebudayaan Batak Toba lkhususnya Gondang dan musik Batak. Melalui kegiatan itu, diharapkan kedepan mampu untuk terus berkembang, sehingga kedepannya Tobasa dikenal dengan daerah yang kaya akan budaya.

Diketahui, festival yang diikuti 15 tim itu berlangsung meriah mulai dari pagi hingga pukul 16.00 WIB. Para peserta lomba bersaing dengan keahlian dan kekompakan tim masing-masing.

Para peserta merupakan didikan beberapa sanggar seni di Tobasa, termasuk dari sekolah-sekolah atai para pelajar. Acara itu juga dimeriahkan artis tamu dari Ibukota.

Di akhir acara, juri Sahala Pardede, JH Silaban dan T Hutasoit membacakan para juara, yakni juara I Tonasi Grup dengan skor 2.570,  juara  II BTB Grup dengan skor  2.535, dan juara III Sanggar Budaya Mauli Bulung. (mctobasa/sesmontb/des)

Back To Top
×Close search
Search