skip to Main Content

Pemkab. Toba Samosir Lakukan Sosialisasi Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat Di 16 Kecamatan

Balige, MCTobasa – Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika yang membidangi Komunikasi dan Informatika melakukan sosialisasi pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dengan mengundang perwakilan dari setiap Kecamatan dan Kelurahan/Desa yang dimulai di Kecamatan Balige tanggal 12 Nopember  2015 dan akan berakhir tanggal 26 November 2015 di Kecamatan Borbor.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Toba Samosir Drs. Salomo HK. Simanjuntak didampingi Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Sesmon TB. Butarbutar, S.Pd., M.Si menjelaskan acara ini merupakan langkah awal untuk membentuk sebuah wadah kelompok informasi masyarakat di Kabupaten Toba Samosir.

“KIM merupakan bentuk dari kelompok informasi dibawah naungan Kominfo, dimana tahun 2015 ini akan ditargetkan ada 16 KIM yang dibentuk di Kabupaten Toba Samosir”, sebutnya.

Bupati Toba Samosir, Hasiholan Silaen melalui Sekretaris Daerah, Audi Murphy Sitorus, dan juga selaku Penanggungjawab Kegiatan ini mengapresiasi kegiatan yang menurutnya langkah maju untuk proses pembangunan Kab. Tobasa.

“Seluruh kegiatan pembangunan yang dilakukan Pemkab. Tobasa harus diketahui oleh seluruh masyarakat,” jelasnya.

“Oleh karena itu Kominfo sangat baik sekali untuk memfasilitasi setiap kelurahan/desa dan kecamatan untuk membentuk KIM di tengah massyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menganggap KIM ini penting sekali untuk keterbukaan informasi agar diketahui oleh seluruh masyarakat.

“Keterkaitan dengan pelayanan publik fungsi KIM disini dapat dijadikan sebagai pemberi informasi kepada masyarakat, terutama untuk kebijakan-kebijakan yang harus segera dilaksanakan di tatanan kelurahan/desa dan kecamatan.”jelasnya.

Pihaknya juga memberikan saran kepada kelompok KIM yang sudah terbentuk agar menggunakan fasilitas media untuk mendistribusikan informasi dan mengelola informasi dengan baik dan KIM dapat berfungsi juga sebagai pemberi informasi hasil pembangunan yang sedang atau sudah dilaksanakan oileh Pemerintah Tobasa.

“Hasil pembangunan yang sudah dan akan dilakukan Pemerintah Tobasa harus disosialisasikan melalui KIM di tingkat Kelurahan/Desa dan Kecamatan.”ujarnya.

Sosialisasi Pembentukan yang menghadirkan pemateri KIM Kepala Bidang Kominfo dan Kasi Pos dan Telekomunikasi ini dilakukan dengan cara dialog dan pemaparan pengertian KIM untuk mengantarkan pengetahuan tentang materi KIM kepada seluruh peserta.

Selanjutnya dilakukan sharing dan tanya jawab tentang KIM oleh seluruh peserta dan dilakukan pemilihan pengurus KIM dari setiap kecamatan yang dipandu oleh masing-masing Camat atau Sekretaris Camat. (mctobasa/sesmontb)

Back To Top
×Close search
Search